Pilgub putaran kedua, pemilih mulai bimbang

Kamis, 20 September 2012 - 06:15 WIB
Pilgub putaran kedua, pemilih mulai bimbang
Pilgub putaran kedua, pemilih mulai bimbang
A A A
Sindonews.com - Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua ini, kepopuleran pasangan Cagub Jokowi-Ahok sedikit memudar setelah dihantam isu Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA) beberapa waktu lalu. Diprediksi, para pemilih sedikit bimbang menentukan pilihannya saat pencoblosan nanti.

Menurut Pengamat Politik dari LIPI Siti Zuhro, isu SARA yang dilakukan salahsatu pasangan Cagub DKI Jakarta beberapa waktu lalu membuat calon pemilih di Jakarta sedikit bimbang menentukan pilihannya.

"Isu SARA pengaruhnya cukup signifikan, kini peluang kedua cagub berimbang," katanya ketika dihubungi Sindonews, Rabu 19 september 2012 malam.

Siti menilai, sebelumnya kepopuleran Jokowi menjadi modal kuat untuk merebut hati masyarakat bawah. Semua dapat dijabarkan dari hasil Pilgub putaran pertama yang menjungkirbalikan semua prediksi pengamat maupun lembaga survei.

"Sebelumnya banyak yang berpendapat kalau Foke-Nara akan menang tipis dari pasangan lain, namun kenyataanya justru Jokowi-Ahok yang menang tipis dari pasangan Foke-Nara," katanya.

Apalagi Jokowi dikenal selalu dekat dengan rakyat kecil. dalam kampanyenya, target Jokowi-Ahok lebih menyasar pada pedagang dan pengunjung pasar, pedagang kaki lima, serta warga yang bermukim dilingkungan padat.

Namun begitu berkembang isu SARA yang menyerangnya, kepopuleran Jokowi sedikit meredup. Apalagi, isu tersebut begitu menyita pemberitaan di sejumlah media.

Siti menjelaskan, para pemilih tradisional yang terdiri dari partisan partai dan pemilih pemula sangat mudah dipengaruhi isu yang menyangkut agama maupun ideologi. "Sekarang pemilih mulai bimbang," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7767 seconds (0.1#10.140)