Selembaran imbauan memilih pemimpin

Rabu, 19 September 2012 - 06:42 WIB
Selembaran imbauan memilih pemimpin
Selembaran imbauan memilih pemimpin
A A A
Sindonews.com - Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua berbagai macam cara untuk menjatuhkan lawannya menuju DKI I, mulai dari isu SARA yang digemborkan, buku menjelekkan satu pasangan calon gubernur sudah mulai dimainkan.

Kini muncul selebaran info di kalangan masyarakat mengenai kriteria pemimpin menurut Islam. Di bagian bawah selebaran tertera tulisan 'Bersatu Selamatkan Jakarta'.

Dalam selebaran itu terdapat empat kriteria pemimpin menurut Islam. Yaitu, seiman, memiliki kompetisi, berakhlak baik serta berani dan tegas.

Selebaran itu beredar berbarengan dengan munculnya buku berisi Kumpulan Berita: Joko Wi dan fakta di Solo. Selebaran dan buku beredar di kalangan masyarakat sejak Selasa (18/9/2012) sore.

Point utama dalam selebaran menyebutkan, kriteria pertama seorang pemimpin menurut Islam adalah seiman. "Dalam Al Quran disebutkan bahwa umat muslim diwajibkan memilih pemimpin yang seiman jika ingin disebut sebagai hamba yang muttaqin". Itu bagian dari isi selebaran tersebut.

Warga yang menerima dibingungkan dengan maksud dari penyebaran tersebut. Pasalnya, seruan dalam selebaran itu dianggap tendensius. "Yang utama seharusnya bukan masalah religi tetapi bagaimana pemimpin nanti bisa mensejahterakan warga Jakarta. Jadi bukan masalah keimanan," kata salah seorang warga Mutiana, Selasa 18 September 2012.

Menurut dia, pemimpin yang baik adalah orang yang mampu memberikan kesejahteraan bagi warganya. "Tidak peduli apapun kepercayaannya. Jadi isi selebaran itu kurang tepat," ucapnya.

Maraknya selebaran dan buku berisi fakta tentang Solo terjadi pada H-2 pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran dua. Selebaran dan buku dibagikan ke beberapa warga oleh anak kecil usia sekolah dasar (SD).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9666 seconds (0.1#10.140)