Amankan Pilgub DKI, Polda gandeng Hercules?

Kamis, 13 September 2012 - 16:37 WIB
Amankan Pilgub DKI, Polda gandeng Hercules?
Amankan Pilgub DKI, Polda gandeng Hercules?
A A A
Sindonews.com - Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di DKI Jakarta untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suhardi Alius meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut terlibat dalam menciptakan situasi yang kondusif pada hari pemungutan suara Pilgub DKI Jakarta putaran kedua 20 September 2012.

"Ini juga sangat diperlukan peran masyarakat, dan bertujuan membangun kemitraan, serta kebersamaan dalam menciptakan kondisi aman," katanya di Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Dia mengungkapkan, seluruh jajaran kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya harus meningkatkan kewaspadaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pasalnya, potensi kerawanan pada hari pemungutan suara terus meningkat.

Menurutnya, berbagai gangguan ketertiban masyarakat berpotensi menimbulkan kerawanan dalam Pilgub DKI Jakarta putaran kedua. Potensi itu, harus dapat dideteksi sedini mungkin.

"Kondisi ini akan kita antisipasi dengan deteksi dini, dan pencegahan agar tidak terjadi gangguan kamtibnas, seperti perusakan TPS, unjuk rasa, konflik sosial, rusuh massa, dan lain-lain," jelasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan akan menempatkan personel Polri dan aparat lainnya di setiap TPS. Pengamanan dilakukan dengan pola pengamanan yang berbeda di setiap TPS, dan memerintahkan agar seluruh jajaran tidak memihak pada salah satu pasangan.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Hercules Rosario Marshal mengatakan, pihaknya siap membantu kepolisian mengamankan pelaksanaan putaran kedua Pilgub DKI ini.

"Saya sudah perintahkan kepada seluruh anggota GRIB untuk menjaga keamanan, dan kelancaran pelaksanaan Pilgub DKI," kata Hercules.

Dia juga membenarkan jika GRIB telah diminta oleh pihak kepolisian untuk turut menjaga keamanan pelaksanaan Pilgub DKI. "Saya mengutus anggota GRIB untuk menghadiri gelar pasukan di Polda Metro, kemarin," jelasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6236 seconds (0.1#10.140)