Soal Corona, Tim Tanggap DKI Siapkan Ambulans dan Ruang Isolasi

Senin, 09 Maret 2020 - 13:50 WIB
Soal Corona, Tim Tanggap DKI Siapkan Ambulans dan Ruang Isolasi
Soal Corona, Tim Tanggap DKI Siapkan Ambulans dan Ruang Isolasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengimbau kepada masyarakat untuk tenang dan tetap waspada terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) . DKI sudah menyiapkan Ambulans Gawat Darurat (AGD) dan ruang isolasi tambahan.

Koordinator Posko Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta, Ani Ruspitawati menyampaikan, pemerintah sangat serius, siap, dan mampu dalam menangani Covid-19 ini. Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI hingga menyiapkan AGD dan dua RSUD sebagai bagian dari kesiapsiagaan Pemprov DKI Jakarta.

"Covid-19 ini bisa disembuhkan. Tetap tenang tapi juga waspada terhadap kondisi ini," kata Ani di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). (Baca Juga: Dinkes DKI Sebut 57 Pasien dalam Pengawasan Corona Masih Dirawat
Ani menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyiapkan AGD untuk mengevakuasi pasien dengan gejala Covid-19. Menurutnya, sudah ada 11 orang pasien yang dievakuasi menggunakan AGD.

Selain itu, lanjut Ani, pihaknya juga berkoordinasi dengan RS RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSU Bhayangkara, RSAL Mintoharjo, RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu, sebagai rumah sakit rujukan Covid-19. Dia menyebut, total jumlah tempat tidur ruang isolasi yang disiapkan sebanyak 125 tempat tidur.

"Kalau secara resmi dari kementrian kesrhatan, memang belum ada Surat Keputusan RSUD Pasar Minggu dan Cengkareng dijadikan RS rujukan virus Corona. Tapi kita secara pro aktif sudah menyiapkan kedua RSUD itu sejak satu bulan lalu. Sehingga apabila diperlukan, kami siap menerima kasus kasus Covid-19. Antara lain yang disiapkan adalah kita menyiapkan ketersediaan ruang isolasi," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)