Akhir Bulan Ini Rumah DP 0 Rupiah untuk Warga Jakarta Terwujud

Senin, 08 Juli 2019 - 20:44 WIB
Akhir Bulan Ini Rumah DP 0 Rupiah untuk Warga Jakarta Terwujud
Akhir Bulan Ini Rumah DP 0 Rupiah untuk Warga Jakarta Terwujud
A A A
JAKARTA - Proyek pembangunan Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur kini sudah mencapai 90%. Akhir bulan ini pembangunan hunian vertikal itu ditargetkan selesai.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta, Kelik Indriyanto mengatakan, proses pembangunan hunian DP 0 Rupiah berjalan lancar dan sesuai target, termasuk sisi manajemennya."Sudah 90%, akhir Juli pembangunan selesai," kata Kelik di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (8/7/2019).

Kelik menjelaskan, sambil menunggu proses pembangunan dan penempatan penghuni, pihaknya tengah bersiap membangun kembali Rumah DP 0 Rupiah di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur. Di sana, lokasinya akan lebih besar dari yang ada di Klapa Village.

Saat ini, pihaknya masih melakukan verifikasi untuk para pendaftar Rumah DP 0 Rupiah. Nantinya, warga yang telah mendaftar akan mulai menempati rumah tersebut pada Agustus 2019.

Adapun pendaftaran program rumah SAMAWA (solusi rumah warga) DP 0 Rupiah telah dilakukan Dinas Perumahan pada November 2018 lalu. Sampai penutupan, jumlah pendaftar mencapai angka 2.000 lebih. Ribuan pendaftar itu akan diseleksi untuk menempati 780 unit Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur.

Para pendaftar program Rumah DP 0 Rupiah yang lolos akan diumumkan di laman resmi milik SAMAWA dan akan ditetapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui Keputusan Gubernur."Kami tak membatasi jumlah pendaftar program Rumah DP 0. Sebab, para pendaftar itu akan diikutsertakan pada pendaftaran Rumah DP 0 selanjutnya," ujarnya.

Direktur Utama PD Sarana Jaya, Yoory C Pinotan menuturkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 disebutkan ada 250.000 hunian yang akan dibangun. Namun, tidak semua menggunakan skema DP 0 Rupiah.( Baca: Anies Harap Rumah DP 0 Rupiah Tingkatkan Kualitas Hidup )

Menurutnya, pembangunan DP 0 Rupiah hanya sebanyak 13.500 unit yang akan dibangun seluruhnya oleh Sarana Jaya selama lima tahun hingga 2022. Saat ini, lanjut Yoory, pihaknya sudah memiliki lahan di Jakarta Timur yang rencananya akan dibangun Rumah DP 0 Rupiah pada tahun ini. Yaitu di Cilangkap seluas 2,8 hektare dan Pulogebang seluas 4 hektare.

"Kami masih mendesain unit DP 0 Rupiah yang akan dibangun di Cilangkap dan Pulogebang. Kami akan membeli lahan di Selatan, Barat, itu kita sudah punya beberapa list bisa kita beli dan dijadikan DP 0 Rupiah. Seharusnya tidak ada kendala untuk membangun 13.500 dalam lima tahun. Tanahnya kan milik BUMD," ucapnya
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8634 seconds (0.1#10.140)