Pengamat: Perbaikan Sistem Transportasi Jakarta Buah Kerja Banyak Pihak

Jum'at, 28 Juni 2019 - 15:33 WIB
Pengamat: Perbaikan Sistem Transportasi Jakarta Buah Kerja Banyak Pihak
Pengamat: Perbaikan Sistem Transportasi Jakarta Buah Kerja Banyak Pihak
A A A
JAKARTA - DKI Jakarta menempati posisi tiga kota terbaik dunia dalam perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota. Raihan membanggakan ini diperoleh DKI Jakarta dalam ajang Sustainable Transport Award (STA) 2019 yang diselenggarakan di Forteleza, Brasil.

STA merupakan ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi. Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global, seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dan lain-lain.

Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan, pencapaian Jakarta di bidang transportasi dan mobilitas kota saat ini tak lepas dari hasil kerja di masa lalu yang dilakukan sejumlah pihak dan instansi terkait. (Baca juga: Jakarta Urutan Ketiga Kota Terbaik Dunia Dalam Perbaikan Sistem Transportasi)

"Tingkat pencapaian ini hasil kerja di masa lalu oleh beberapa pihak dan instansi. BPTJ dibentuk untuk mewujudkan ini. Dengan adanya RITJ (Rencana Induk Transportasi Jabodetabek) target capaian mulai digerakkan," ujarnya melalui pesan singkat, Jumat (28/6/2019).

Selain itu, kata dia, wilayah dukungan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) juga turut mendukung. Sebab cukup besar warganya yang bermobilitas di Jakarta menggunakan transportasi umum.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6337 seconds (0.1#10.140)