Kodim 0503 Jakbar Calon Kodim Terbaik se-Indonesia

Rabu, 20 September 2017 - 00:23 WIB
Kodim 0503 Jakbar Calon Kodim Terbaik se-Indonesia
Kodim 0503 Jakbar Calon Kodim Terbaik se-Indonesia
A A A
JAKARTA - Kodim 0503 Jakarta Barat menjadi salah satu dari empat kodim terbaik se-Indonesia‎. Selain mampu memaksimalkan lahan yang ada, Kodim Jakbar dibawah kepemimpinan Letkol Inf Wahyu Yudhayana mampu memaksimalkan peran prajuritnya.

Hal itu diungkapkan Waaster Kasad, Brigjend TNI Budi Sulistijono di Kodim 0503 Jakarta Barat, Selasa (19/9/2017) pagi saat melakukan penilaian lomba Binter Nasional ke 20. Menurutnya, saat ini ada tiga kodim yang menjadi bagian dari empat besar, yakni Kodim Jakarta Barat, Kodim Murad Palembang, Kodim Krobokan, Jawa Tengah, dan Kodim Prumoung, Bali.

"Bisa dikatakan empat kodim itu merupakan semifinalis, ‎kami akan menilai untuk menentukan mana yang terbaik se-Indonesia," tutur Budi.

Selain menilai kualitas markas, Budi mengatakan penilaian yang kedua dalam lomba ini adalah untuk melihat peran kodim dalam kegiatan Binter di wilayahnya masing masing.

Dalam penilaian itu terdapat tiga metode, yakni timtakwil yang berasal dari pembinaan sumber daya alam dan sumber daya manusia antara Kodim 0503 Jakarta Barat dengan Pemerintah Daerah dan Instan‎i terkait, termasuk pembinaan.

Selain itu, penilaian juga masuk dalam komunikasi sosial antara Kodim dengan pemerintah daerah (pemda) serta masyarakat melalui kegiatan bakti.

"‎Kita lihat, kita nilai bagaimana di lapangan kegiatan bakti sosial dan sebagainya, sejauh mana kegiatan itu dilaksanakan oleh Kodim," tambah Budi.

Semua penilaian itu akan dilakukan pihaknya dengan melakukan wawancara bersama beberapa tokoh masyarakat, kawan-kawan di lapangan semua.

Terkait soalnya dirinya datang langsung pengecekan ke lokasi kata Budi, untuk memastikan dan mengetahui kondisi di kodim 0503 Jakarta Barat.

Penilaian sendiri, lanjut Budi akan ia serahkan ke Pusterad (Pusat Teritorial Angkatan Darat) untuk nantinya di tentukan sebagaimana yang terbaik.

Sebelumnya, Kodim Jakarta Barat di bawah kepemimpinan Letkol Wahyu Yudhana melakukan beberapa terobosan, selain mempercantik markas dengan tampilan layar video besar.

Selain itu, di lahan samping kodim, Dandim juga melakukan beberapa terobosan peningkatan fasilitas Kodim diantaranya membuat jogging track, dan lintasan lari, tanaman hydoroponik dan aquaponik, serta dua saung yang di jadikan markas pramuka.

"Soal tanaman, sekali panen kami bisa mencapai puluhan kilo sayuran yang kemudian kami sebar ke masyarakat sekitar Kodim," tuturnya.

Selain itupula dalam rangka memaksimalkan peran tentara mengisi kemerdekaan, beberapa rumah veteran perang telah dilakukan renovasi agar terlihat layak dan nyaman.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3311 seconds (0.1#10.140)