Tinggal di Bekasi, Warga Nyoblos di TPS Jakarta Timur

Rabu, 19 April 2017 - 15:29 WIB
Tinggal di Bekasi, Warga Nyoblos di TPS Jakarta Timur
Tinggal di Bekasi, Warga Nyoblos di TPS Jakarta Timur
A A A
JAKARTA - Warga perbatasan DKI Jakarta dengan Kota Bekasi di bagian timur antusias menggunakan hak pilihnya dalam pencoblosan Pilgub DKI Jakarta.

Meskipun menempuh perjalanan cukup jauh tidak menyurutkan warga yang bernama Aninda (22) ini rela menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35 di Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Padahal, jarak tempat tinggalnya di Bintara 9, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi lebih dari dua kilometer."Hari ini saya suarakan hak pilih saya kepada calon Gubernur DKI Jakarta," kata Ninda. Menurutnya, pada putaran pertama bersama keluarga menggunakan hak pilihnya di TPS ini.

Aninda mengatakan, domisili sesuai dengan identitas masih berada di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Semenjak lulus sekolah, dia pindah tempat tinggal ke Bekasi Barat bersama dengan orang tuanya.

Sementara beberapa warga DKI Jakarta yang tinggal di Kota Bekasi ikut menggunakan hak pilihnya. Identitas diri seperti KTP dan Kartu Keluarga masih di Jakarta Timur."Saya nyoblos di TPS 4 Pondok Kopi," ungkap Aang.

Warga yang bernama David terpaksa menunggu sampai dengan pukul 12.00 WIB. Sebab, pria yang baru saja pindah alamat dari Bekasi ke Jakarta Timur ini tak mendapatkan undangan dari KPU Jakarta. "Putaran pertama tidak nyoblos, karena identitas masih Kota Bekasi," ujarnya.

Awal bulan ini, David bersama dengan istrinya sudah pindah domisili ke Jakarta Timur. Karena itu, berbekal surat keterangan, dan kartu keluarga, David menggunakan hak pilihnya di TPS 4. "Mudah-mudahan bisa nyoblos di TPS ini," katanya.

Petugas KPPS 4, Abdul, mengatakan, jumlah daftar pemilih tetap di TPS 4 mencapai 577 orang. Rinciannya laki-laki sebanyak 285 orang, dan 292 perempuan."Warga yang tinggal di Bekasi tapi domisili Jakarta banyak menggunakan hak pilihnya," katanya.

Menurut Abdul, antusiasme coblosan di TPS tersebut cukup tingggi. Hingga pukul 10.30 WIB, jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya lebih dari 50% atau mencapai 340 orang. TPS tersebut dapat pengamanan dari polisi dan TNI. Tak ada pengerahan massa ke lokasi TPS tersebut.

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, hingga pukul 09.30 WIB, hampir separuh daftar pemilih tetap menggunakan hak pilihnya. Berdasarkan data dari TPS 35, jumlah DPT di wilayah tersebut sebanyak 668 terdiri 350 perempuan dan 318 laki-laki.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9041 seconds (0.1#10.140)