Tangerang Paling Rawan Begal Dibanding Depok

Selasa, 03 Maret 2015 - 02:37 WIB
Tangerang Paling Rawan Begal Dibanding Depok
Tangerang Paling Rawan Begal Dibanding Depok
A A A
JAKARTA - Kabupaten Tangerang, Banten, adalah daerah terawan kasus kejahatan jalanan atau begal di antara wilayah Jabodetabek lainnya. Hal tersebut dilihat dari banyaknya kejadian di wilayah itu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, posisi kedua ditempati wilayah Jakarta Timur. Kemudian, Bekasi Kota dan Kota Depok.

"Ini dari hasil mapping kami. Oleh karena itu, kami tingkatkan lagi pengamanan di wilayah tersebut," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 2 Maret 2015.

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya telah menangkap dan menyita beberapa pelaku yang menjual pretelan motor curian. "Ada beberapa orang yang kami duga sebagai penadah hasil curian di beberapa wilayah," ujarnya.

Menurutnya, selain menyasar pelaku pihaknya juga akan memutus mata rantai penadahnya. Pasalnya, jika mereka beraksi dan penadahnya sudah ditangkap maka gerak mereka semakin sempit.

Unggung menegaskan, pihaknya juga tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku yang melakukan perlawanan dan perbuatan sadis terhadap korbannya.

"Dua bulan ini kami sudah tangkap 200-an pelaku, mereka ini ada juga yang kami tembak mati. Karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap," pungkasnya.

Selain ditangkap di wilayah hukum Polda Metro Jaya, beberapa pelaku juga ditangkap di Provinsi Lampung. "Bukan hanya kelompok lokal yang beraksi, tapi ada juga beberapa dari daerah lain," jelasnya.

Oleh karena itu, koordinasi antar Polda juga telah dilakukan. Sementara, terkait adanya broadcast yang menyebut ada begal dan lainnya.

Pihaknya sudah menurunkan tim dari Cyber Crime untuk mengusut asal dari broadcast yang meresahkan masyarakat tersebut. "Sudah kami selidiki, sekarang tim masih melakukan penyelidikan," tukasnya.

Sementara, untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan. Saat ini pihaknya terus melakukan patroli skala besar dengan personel yang cukup besar pula.

"Kami turunkan seluruh kesatuan, bahkan Satuan Narkoba, Krimsus dan Sabhara juga ikut diturunkan," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7462 seconds (0.1#10.140)