JORR W-2 Kebon Jeruk-Ciledug siap dilintasi

Kamis, 24 Oktober 2013 - 21:37 WIB
JORR W-2 Kebon Jeruk-Ciledug siap dilintasi
JORR W-2 Kebon Jeruk-Ciledug siap dilintasi
A A A
Sindonews.com - Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road West-2 (JORR W-2) siap digunakan pada akhir tahun ini. Namun, JORR W-2 yang seharusnya dari Ulujami-Kebon Jeruk hanya bisa digunakan dari Ciledug Raya hingga Kebon Jeruk.

Hal tersebut dikarenakan belum rampungnya pembebasan lahan yang terjadi di Ulujami. Sedikitnya masih ada 140 lahan yang belum dibebaskan.

Adapun jarak setiap paket itu adalah 2 km, dan paket satu dan dua masuk dalam seksi satu yang ada di Jakarta Barat, sedangkan paket tiga dan empat masuk seksi dua yang berada di Jakarta Selatan.

"Paket satu, dua dan tiga sudah dalam tahap finishing, seperti pemasangan lampu, marka, rambu dan sebagainya. Sedangkan paket empat masih dalam tahap pembebasan. Sedikitnya masih ada 140 lahan yang belum dibebaskan," kata Dirut PT Marga Lingkar Jakarta Sonhadji, di Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Sonhadji menjelaskan, konstruksi paket satu, dua dan tiga sudah siap digunakan jika memang akan dibuka untuk umum pada akhir tahun ini. Akan tetapi, dibuka atau tidak, itu adalah keputusan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Berdasarkan informasi, kata Sonhadji, pada akhir tahun ini JORR W-2 paket satu, dua, dan tiga memang akan dibuka. Namun sebelum dibuka, kedua kementerian tersebut akan terlebih dahulu melakukan uji coba kelaikan ruas jalan tersebut. Nantinya setelah dinyatakan laik, Kementerian PU akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) sekaligus tarif yang akan diberlakukan.

Menurutnya, proyek yang dikerjakan sejak 2009 itu cepat dibuka maka kemacetan tol dalam kota, khususnya Tol Cawang akan berkurang. Pasalnya, jika orang Cibubur yang ingin ke tanggerang mereka ga usah lewat dalam kota, dan dari Cikampek-Merak juga tak perlu lalui jalur dalam kota.

"Pintu tol utama Kebon Jeruk, dari arah Tangerang, Merak, Cengkareng yang hendak ke Jakarta, bisa melalui pintu tol tersebut. Pintu tol kedua ada di Meruya, sedangkan pintu tol 3 ada di Joglo dan pintu tol 4 ada di Ciledug Raya. Semuanya sudah siap," tegasnya.

Mengenai proses penyelesaian konstruksi paket empat, lanjut Sonhadji, pihaknya akan kembali menyelesaikan konstruksi tersebut jika pembebasan lahan di wilayah itu telah rampung.

"Kami tidak bisa menargetkan kapan bisa selesai, kami menunggu pembebasan lahan. Saat ini konstruksi paket empat baru 49 persen," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, proyek JORR W-2 Ulujami- Kebon Jeruk terbagi dalam emapt paket, yakni paket satu Kembangan-Meruya Selatan, paket dua, Meruya Selatan-Joglo, paket tiga, Joglo-Ciledug Raya, dan paket empat, Ciledug-Ulujami.

Baca berita terkait:
Cara Jokowi gusur warga bangun JORR W2
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6528 seconds (0.1#10.140)