Pengamat: Debat Perdana Hanya untuk Baca Kekuatan dan Kelemahan Lawan

Kamis, 12 Januari 2017 - 18:22 WIB
Pengamat: Debat Perdana Hanya untuk Baca Kekuatan dan Kelemahan Lawan
Pengamat: Debat Perdana Hanya untuk Baca Kekuatan dan Kelemahan Lawan
A A A
JAKARTA - Tiga Kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan unjuk kebolehannya dalam memaparkan gagasan besar membangun Jakarta lima tahun ke depan. Besok adalah debat pertama dari rangkaian tiga kali debat yang diinisiasi KPU Jakarta.

Publik menunggu 'panggung' debat besok akan berlangsung seru, saling serang program, dan bahkan saling menjatuhkan. "Inilah yang akan ditunggu publik sebenarnya, bukan semata retorika politik tanpa arti," kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, Kamis (12/1/2017).

Namun, layaknya debat pertama, debat calon gubernur besok malam akan berlangsung datar. Para kontestan akan berhati-hati dan baru sebatas saling membaca kekuatan dan kelemahan lawan. Bahkan diperkirakan, pemaparan visi dan misinya pun masih landai dan normatif saja.

Dia memperkirakan, debat yang 'sesungguhnya' akan terjadi pada debat kedua dan ketiga. Di dua debat sisa ini, para kandidat akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya soal program membangun Jakarta. "Kemungkinan besar akan saling menjatuhkan antar pasangan calon, tendensius, dan saling menegasi," katanya.

Dia menuturkan, debat akan berpengaruh mengalihkan pilihan satu ke pilihan lain jawabannya. Namun, pengaruh itu tidak cukup signifikan karena pemilih Jakarta sudah begitu terbelah sejak lama. Jika diprosentasikan, pemilih Jakarta yang sudah menentukan pilihan terhadap kandidat dikisaran angka 70%.

Sisanya adalah swing voters yang cukup dinamis dalam menentukan pilihannya. Swing voter inilah yang sebenarnya disasar oleh kandidat melalui debat kandidat itu. "Siapa yang lihai memainkan emosi pemilih ngambang ini berpotensi masuk putaran kedua. Sebab, selisih antar kandidat cukup tipis," pungkasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4208 seconds (0.1#10.140)