1 Juta KTP untuk Bargaining Politik & Kampanye Gratis Ahok

Jum'at, 29 Juli 2016 - 10:39 WIB
1 Juta KTP untuk Bargaining Politik & Kampanye Gratis Ahok
1 Juta KTP untuk Bargaining Politik & Kampanye Gratis Ahok
A A A
JAKARTA - Pengumpulan 1 juta KTP untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dilakukan beberepa waktu lalu memiliki makna ganda. Bargaining politik dan kampanye gratis meningkatkan popularitas merupakan makna di balik pengumpulan KTP tersebut.

Pengamat politik Emrus Sihombing mengungkapkan, secara analisa politik maka pertanyaan apakah 1 juta fotokopi KTP Teman Ahok yang sudah dikumpulkan susah payah hanya dijadikan penawaran politik terjawab sudah."Tapi, soal kebenarannya kita harus tanya sama Teman Ahok. Namun bisa dimaknai jika ini memang bargaining politik dari Ahok kepada partai politik (parpol)," ungkap Emrus saat dihubungi Sindonews, Jumat (29/7/2016).

Emrus menilai jika ini ternyata bargaining, maka penawaran politik tersebut langsung 'dimakan' oleh tiga parpol yaitu Nasdem, Hanura, dan Golkar. Tak hanya bargaining, Emrus menuturkan, pengumpulan KTP Ahok ternyata membuat kampanye gratis untuk meningkatkan popularitas.

"Ini sangat menguntungkan kepada Ahok dan terjadi seperti ini. Jadi karena ada pengumpulan ini seluruh Indonesia tahu akan Ahok. Jadi ini (pengumpulan KTP hingga satu juta) bermakna ganda," tukasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5948 seconds (0.1#10.140)