Ini Alasan DKI Ngotot Lakukan Reklamasi

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 19:03 WIB
Ini Alasan DKI Ngotot...
Ini Alasan DKI Ngotot Lakukan Reklamasi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI beralasan, perlu dilakukannya reklamasi agar warga tidak meninggalkan pantai utara. DKI sendiri mengakui hingga kini belum ada perda soal reklamasi.

Kepala Bagian Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Jakarta Benny Agus Chandra mengatakan, alasan dilakukannya reklamasi pantai utara Jakarta agar penduduk tidak meninggalkan pantai utara Jakarta dan memadati kawasan Selatan dan Pusat kota Jakarta. (Baca: DKI Diminta Batalkan Izin Reklamasi Teluk Jakarta)

"Reklamasi dapat berkontribusi pada kawasan pantai utara, pembangunan rumah susun, dan pembangunan hutan mangrove. Pantai utara pun akan ditinggalkan bila tidak dilakukan reklamasi. Penduduk akan memilih ke Selatan, dan Pusat saja," ujar Kepala Bagian Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Jakarta Benny Agus Chandra saat diskusi di Jalan Raya Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/8/2015).

Benny mengungkapkan, perlunya reklamasi pantai utara Jakarta pun mengingat kawasan utara Jakarta secara lingkungan cenderung lebih buruk dari kawasan Jakarta lainnya. Seperti kerapnya terjadi banjir rob, maraknya sampah dan limbah, sehingga kerusakannya pun cukup memprihatinkan. Maka itu, reklamasi pun diharapkan dapat memperbaiki kawasan utara Jakarta itu.

Benny menjelaskan, saat ini, pihaknya baru sampai pada tahap pengkajian 17 pulau yang akan direklamasi saja. Sebabnya, hingga saat ini, pihaknya pun masih menantikan adanya perda yang mengatur soal reklamasi tersebut. Sehingga, kesalahan akan reklamasi dapat diantisipasi.

"Ada 17 pulau yang akan direklamasi, Giant Seaworld pun nanti akan direklamasi. Sekarang baru tahap kajian dan buat pulau saja, kunci ada di perda agar cepat selesai. Antat pulau reklamasi nantinya di buat kanal, diperhatikam keberadaan transportasi, pelabuhan, dan lainnya. Lalu, pemda DKI akan folow up," tutupnya.

PILIHAN:

Tommy Soeharto: DKI Itu Milik Rakyat, Memimpin Tak Perlu Main Bentak

Kerap Dipakai Pengajian, Rumah Juragan Beras Ini Tak Bisa Dihancurkan
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0840 seconds (0.1#10.140)