Gandeng Komunitas Mangrove Jakarta, AdaKami Tanam 500 Pohon di PIK

Rabu, 18 Januari 2023 - 00:25 WIB
loading...
Gandeng Komunitas Mangrove Jakarta, AdaKami Tanam 500 Pohon di PIK
Sejumlah warga tengah berjalan di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - AdaKami menggandeng Komunitas Mangrove Jakarta melakukan aksi tanam mangrove jenis Rhizophora Sp atau yang dikenal dengan tanaman bakau. Aksi tanam sebanyak 500 mangrove tersebut dilakukan di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara .

Business Development Manager PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami) Jonathan Krissantosa mengatakan, kegiatan peduli lingkungan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dan dampak positif terhadap ekosistem mangrove dan tentunya lingkungan sekitar.

“Dalam rangka memperingati dan menghormati Hari Menanam Sejuta Pohon, kami memilih untuk melakukan penanaman pohon mangrove. Karena pohon mangrove merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat baik dari segi fisik, biologi, dan ekonomi,” kata Jonathan dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Dia mengatakan, dari segi fisik, mangrove bermanfaat sebagai benteng yang dapat mencegah terjadinya tsunami. Sedangkan dari segi biologi, ekosistem mangrove bermanfaat sebagai tempat perlindungan dan tumbuh kembang hewan seperti ikan, udang dan beberapa hewan lagi.



“Tentunya dari segi ekonomi mangrove bermanfaat sebagai bahan baku dodol, sirup, gula, batik, dan lain-lain,” jelas Jonathan.

Maka itu, dia berharap, semoga kedepannya banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya fungsi pohon untuk kehidupan. Sehingga, sambungnya, banyak masyarakat yang giat melakukan penanaman mangrove guna kebaikan bumi untuk kedepannya.

“Semoga kegiatan kami bersama teman-teman volunteer dan tim Mangrove Jakarta bisa berjalan lancar dan dapat menyumbang mencegah terjadinya perubahan iklim,” tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)