Fakta Unik Bogor, Nomor 4 Jadi Cikal-bakal Ulang Tahun Kota Hujan

Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:11 WIB
loading...
A A A
3. Terdapat Hotel Tertua

Hotel Salak adalah hotel tertua di Bogor. Hotel Salak telah berganti nama sebanyak enam kali. Pada awalnya, bangunan hotel hanya berupa rumah penginapan ini dibangun pada 1856.

Pembangunannya bersamaan dengan renovasi Istana Bogor pada 1851-1856 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Albertus Jacobus Duymaer van Twist. Pada September 1998, perubahan nama dilakukan dengan nama yang masih digunakan hingga saat ini yaitu Hotel Salak The Heritage.

4. Penobatan Prabu Siliwangi sebagai Raja Dijadikan Hari Jadi Bogor

Tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari jadi Bogor. Penetapan tersebut berdasarkan sumber sejarah. Diketahui Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja ditetapkan sebagai Susuhunan Pajajaran pada 1482.

Kemudian, pada 3 Juni 1482, Prabu Siliwangi dinobatkan sebagai raja. Pada saat yang sama terjadi pula pemindahan pusat kerajaan yang berada di Kawali Ciamis ke Pakuan, yaitu kawasan Bogor sekarang.

5. Terdapat Istana Kepresidenan

Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir H Juanda Nomor 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor. Istana ini berada sekitar 60 kilometer dari Jakarta. Diketahui, Istana Bogor adalah salah satu istana peninggalan Belanda.

Pembangunan Istana Bogor sudah ada sejak 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Belanda Gustaaf Willem Baron van Imhoff. Ia sengaja mencari tempat yang sejuk serta memutuskan untuk membangun tempat istirahat di Buitenzorg (Bogor).

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, Istana Bogor kerap digunakan dalam menyambut tamu kenegaraan. Selain itu, Jokowi juga kerap membawa keluarganya tinggal di Istana Bogor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)