Fakta Unik Bogor, Nomor 4 Jadi Cikal-bakal Ulang Tahun Kota Hujan

Sabtu, 14 Januari 2023 - 14:11 WIB
loading...
Fakta Unik Bogor, Nomor 4 Jadi Cikal-bakal Ulang Tahun Kota Hujan
Tugu Kujang salah satu ikon kebanggaan warga Bogor, Jawa Barat.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bogor merupakan salah satu kota penyangga Jakarta. Salah satu kota di Jawa Barat yang berjuluk Kota Hujan itu dikenal dengan tempat wisata hingga kulinernya.

Maka tak heran apabila Bogor banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu di Bogor juga menyimpan sejumlah sejarah mulai dari zaman kerajaan hingga kemerdekaan.

Bogor pun menyimpan sejumlah fakta unik di dalamnya. Berikut fakta unik Kota Bogor yang dirangkum MPI;

1. Kota Petir

Kota Bogor pernah mencatatkan rekor sebagai kota dengan petir terbanyak. Dalam satu hari, sambaran petir di Bogor dapat mencapai 322 kali.

Di mana normalnya adalah 80 kali. Hal tersebut tercatat dalam Guinness Book World Record pada 2009. Diketahui, Indonesia berada di khatulistiwa yang mempunyai hari guruh (petir) yang sangat tinggi dengan aktivitas 100-200 hari guruh per tahun.

Hari guruh merupakan hari di mana guntur terdengar paling sedikit satu kali dalam jarak kira-kira 15 kilometer dari stasiun pengamatan. Hal tersebut yang menyebabkan karakteristik petir Indonesia berbeda dengan negara lain.

2. Kota Kuliner

Bogor dikenal sebagai surganya kuliner. Apabila berkesempatan ke Bogor untuk menjelajahi kulinernya, pengunjung bisa datang ke Jalan Suryakencana. Kuliner di Jalan Suryakencana ini dikenal enak serta lezat.

Kuliner yang disediakan di Jalan Suryakencana pun beragam, mulai dari makan kekinian, tradisional, hingga legendaris. Tak heran, Jalan Suryakencana di kawasan pecinan itu ramai dikunjungi oleh pecinta kuliner dari Bogor maupun luar Bogor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)