Covid-19 Melandai, Grand Prix Marching Band Kembali Digelar

Sabtu, 24 Desember 2022 - 19:39 WIB
loading...
Covid-19 Melandai, Grand Prix Marching Band Kembali Digelar
Grand Prix Marching Band (GPMB) digelar di JCC, Senayan, Sabtu (24/12/2022). Foto: SINDONEWS/Dok
A A A
JAKARTA - Grand Prix Marching Band (GPMB) kembali digelar setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Tahun ini lomba marching band memperebutkan piala bergilir Presiden itu digelar di JCC, Senayan, Sabtu (24/12/2022).

Ketua Yayasan GPMB Lisa Ayodhia menyebutkan, acara ini menjadi wadah pecinta marching band yang merasa terpanggil untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dengan negara-negara tetangga di bidang marching band. Apalagi dengan negara-negara pusat kegiatan marching band, seperti Amerika dan Inggris.



“Marching band sebagai wadah penggemblengan dan pembinaan generasi muda. Diharapkan mampu menjadi pilihan utama kegiatan generasi muda dalam upaya mempersiapkan diri menjadi bagian dari proses pembangunan di Indonesia,” ujar Lisa saat konferensi pers.

Covid-19 Melandai, Grand Prix Marching Band Kembali Digelar


GPMB merupakan kegiatan pembinaan yang telah dimulai sejak lebih dari 34 tahun lalu. Selama usia itu, mereka telah 37 kali menggelar kompetisi. Tiga kali terpaksa tidak diselenggarakan, yaitu tahun 1997-1998 karena krisis moneter, serta masa pandemi Covid 19.

Pelaksanaan ke-37 kalinya ini terjadi setelah Yayasan GPMB bekerja sama dengan PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) melalui strategic business unitnya, yaitu Ikonik Indonesia, membuat ajang GPMB kembali hidup.

“Acara GPMB ini merupakan sebuah ajang lebaran insan marching band dari seluruh Indonesia. Karenanya acara ini sudah sangat dinantikan,” tandasnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya mengajak masyarakat Indonesia menjadikan marching band sebagai bagian dari gaya hidup, sarana meningkatkan kreativitas seni dan olahraga, sekaligus meningkatkan persatuan dalam keberagaman.

"Yang tidak kalah penting, melalui marching band kita membangun karakter bangsa, sebagai pilar penting pembangunan kebudayaan yang berkemajuan. Secara khusus memajukan generasi muda, dalam menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan negara Indonesia, " tegasnya

Karena itu, sekalipun kalah dalam kompetisi ini, peserta diharapkan tetap berjiwa kesatria. Terlepas itu, dalam penilaian kompetisi ini mengandalkan empat aspek, yaitu musikal, visual, kepemimpinan, dan umum.

Untuk tahun 2022, Yayasan GPMB memberikan suasana baru bagi unit marching band yang ikut serta. Biasanya acara ini dilaksanakan di Istora Senayan, namun untuk tahun ini GPMB dilaksanakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Para unit marching band pun siap berlaga, untuk memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI. Tahun ini GPMB diikuti oleh 11 unit Marching Art Performance, 5 unit Parade, 10 unit Colorguard, 4 unit Drum Battle, dan 24 peserta lomba perorangan, dari berbagai wilayah di Indonesia.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)