Majukan UMKM Jakarta Barat, Cybers Academy dan Aptiknas Siapkan SDM Kompeten di Bidang TIK

Senin, 05 Desember 2022 - 09:01 WIB
loading...
A A A
Kegiatan MoU ini juga didukung oleh Ketua Umum KPTIK Dedi Yudiant, di mana disampaikan tentang pentingnya digitalisasi UMKM. Perkembangan teknologi saat ini berkontribusi besar pada perubahan perilaku masyarakat yang semakin banyak melakukan aktivitas dan bertransaksi secara daring.



Dedi mengatakan digitalisasi UMKM dapat memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing. Kemajuan teknologi, terutama internet dapat membuka akses UMKM untuk memasuki pasar nasional dan internasional dengan biaya terjangkau.

“Kami juga sedang mengembangkan program UMKM yaitu Warkop (Warung Kopi) Digital yang bisa dikolaborasikan dengan aplikasi Guetilang untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat dalam hal menyuarakan aspirasi dan menyebarkan berbagai informasi dengan cepat, transparan, terpercaya dan beretika.

"Warkop Digital sebagai lokasi pemberdayaan Babinkamtibmas dan para pemuda untuk nantinya bisa pula menjadi lokasi pelatihan pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa," ucapnya.

Dedi menambahkan, Cybers Academy hadir untuk memberikan pembelajaran digital kepada masyarakat perdesaan yang kesulitan mendapat akses pelatihan digital. Bersama Warkop Digital yang menjadi digital hub di perdesaan, Cybers Academy mengakselerasi penguatan SDM digital melalui program pelatihannya.

“Ekonomi Indonesia tumbuh kan juga karena kekuatannya UMKM, untuk menumbuhkan UMKM kita butuh memberikan pembekalan melalui pelatihan, di sinilah peran kerja sama antara Aptiknas dan Cybers Academy yang fokus di penguatan SDM-nya, di mana sangat sesuai dengan fungsi dan peran KPTIK yaitu sebagai penyelaras program-program TIK di Indonesia,” ujar Dedi.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)