Sebelum Tewas Misterius, Keluarga di Kalideres Ritual Baca Mantra dan Bakar Menyan

Rabu, 30 November 2022 - 11:14 WIB
loading...
Sebelum Tewas Misterius, Keluarga di Kalideres Ritual Baca Mantra dan Bakar Menyan
Empat mayat misterius satu keluarga ditemukan dalam sebuah rumah kawasan Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11/2022) malam. Foto/SINDOnews/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Penyidikan tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat masih terus dilakukan. Polisi masih belum bisa menyimpulkan penyebab kematian keluarga membusuk hingga menjadi mumi di rumah tersebut.

Penyidik bersama tim kedokteran masih terus menelusuri sejumlah temuan di dalam rumah tersebut. Terbaru, polisi menemukan adanya buku lintas agama, mantra, hingga kemenyan di rumah keluarga Kalideres tersebut.

”Selain itu ditemukan juga buku-buku lintas agama, serta mantra dan kemenyan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, Rabu (30/11/2022).

Hengki mengatakan bawa dari empat jenazah yang meninggal di rumah tersebut salah satunya aktif melakukan ritual. Diduga kuat yang aktif melakukan ritual adalah Budiyanto. Baca juga: 1 Korban Tewas Sekeluarga di Kalideres Diduga Anut Aliran Sesat

”Bahwa ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan, yang mengarah kepada Almarhum Budiyanto, bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu,” tambahnya.

Hengki menjelaskan bahwa ada kepercayaan di keluarga tersebut untuk melakukan ritual guna membuat kondisi menjadi lebih baik. Hal itu dilakukan karena diduga adanya masalah serius dalam keluarga tersebut.



”Adanya suatu kepercayaan dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu,” ucapnya. Baca juga: Dua Mayat Satu Keluarga di Kalideres Mengering Jadi Mumi

Untuk mendalami kasus tersebut, Hengki melibatkan pakar atau ahli sosiologi untuk mendalami lebih lanjut terkait temuan-temuan tersebut. Polisi juga bakal melibatkan ahli agama dalam mengungkap kasus tersebut.

”Akan mengundang ahli sosiologi agama, untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku, serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP. Semoga temuan ini bisa membuat kasus ini terang benderang,” jelasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2489 seconds (10.101#12.26)