500 Pasukan Oranye Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Nusantara Bersatu di GBK

Minggu, 27 November 2022 - 13:33 WIB
loading...
500 Pasukan Oranye Bersihkan 31 Ton Sampah Acara Nusantara Bersatu di GBK
Pasukan oranye tengah membersihkan sampah di sekitaran Senayan, Jakarta Pusat. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan 500 pasukan oranye dan puluhan mobil pikap untuk mengangkut sampah yang dihasilkan dari acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 26 November 2022. Setidaknya, ada 31 ton sampah yang berhasil diangkut dalam acara tersebut.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pengerahan ratusan personel itu ditujukan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan kawasan ruang terbuka publik di Ibu Kota. Ia mengatakan, pasukan langsung bergerak cepat setelah kegiatan Nusantara Bersatu selesai pada sore hari. Baca juga: 2.543 Polisi Amankan Acara Nusantara Bersatu di GBK

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini. Baik dari Kasudin, Kasatpel, hingga PJLP semua terlibat. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras, kerja sama dan kekompakannya dalam menuntaskan penanganan sampah ini," ujar Asep Kuswanto dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Tak hanya pasukan oranye, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga mengerahkan puluhan kendaraan yang terdiri dari mobil lintas (pikap), street sweeper, serta truk sampah anorganik untuk membersihkan area GBK.



"Kita mengerahkan 28 unit mobil pikap, 14 unit street sweeper, serta 10 unit truk. Untuk menunjang kegiatan Nusantara Bersatu ini kami juga menyediakan 38 unit toilet portable, dua unit bis toilet VIP, truk tangki air bersih dua unit, dan truk tangki air kotor tiga unit," tambah Asep.

Sebagai informasi, acara Nusantara Bersatu merupakan kegiatan silaturahmi yang digelar oleh gabungan relawan Presiden Joko Widodo di GBK, Sabtu 26 November 2022.

Ketua panitia, Aminuddin Ma'ruf mengatakan, gerakan ini disebut-sebut untuk menjaga keberhasilan Jokowi selama memimpin Indonesia, terutama atas beberapa prestasi seperti pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan kesuksesan G20 di Bali. Baca juga: Ada Acara Nusantara Bersatu, Masyarakat Diimbau Hindari Sekitar GBK

"Dalam rangka menjaga dan merawat ekonomi dan pembangunan lndonesia tersebut, maka relawan Presiden Jokowi berhimpun di dalam satu gerakan yang dinamai Gerakan Nusantara Bersatu. Kegiatan ini Insya Allah akan diselenggarakan pada Sabtu 26 November 2022 yang berlokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta," ucapnya, Jumat 25 November 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2629 seconds (11.252#12.26)