Dinas LH DKI Ogah Sebut Perusahaan Truk Sedot WC yang Buang Tinja di Cawang

Rabu, 23 November 2022 - 17:46 WIB
loading...
Dinas LH DKI Ogah Sebut Perusahaan Truk Sedot WC yang Buang Tinja di Cawang
Truk sedot WC membuang limbah sembarangan di Taman Kota, Cawang, Jakarta Timur, tertangkap video amatir warga. Alhasil, video itu disebar di medsos. Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta merahasiakan nama perusahaan truk sedot WC yang membuang tinja sembarangan di Hutan Kota Cawang UKI, Cililitan, Jakarta Timur . Diketahui Dinas LH telah menjatuhi sanksi administratif berupa denda Rp5 juta dan akan mencabut izin operasional perusahaan.

"Cek saja nopolnya di aplikasi Samsat," kata Kepala Seksi Humas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi, Rabu (23/11/2022). Baca juga: Viral! Truk Tangki Tinja Diduga Buang Limbah di Saluran Air Cawang

Sementara itu, berdasarkan penelusuran MNC Portal Indonesia di website resmi Samsat pelat nomor truk tangki sedot WC B 9631 UFA dimiliki PT POS yang beralamat di Jalan Pemuda Nomor 61, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) menjatuhkan sanksi denda administratif dan mencabut izin operasi perusahaan imbas truk sedot WC membuang tinja sembarangan di kawasan Hutan Kota Cawang UKI, Cililitan, Jakarta Timur pada Minggu 20 November 2022.



"Pelanggar dikenakan sanksi administrasi berupa denda uang paksa sebesar Rp5.000.000 disetorkan ke kas daerah melalui Bank DKI cabang Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Dinas LH akan merekomendasikan pencabutan izinnya ke DPMPTSP," kata Kepala Dinas LH DKI Asep Kuswanto.

Asep tidak menyebutkan nama perusahaan truk sedot WC tersebut. Ia mengimbau agar warga dapat menggunakan layanan sedot tinja resmi seperti yang dikelola oleh Perumda Paljaya. Baca juga: Sopir Truk Tangki Tinja yang Buang Limbah Sembarangan di Cawang Ditangkap

"Layanan resmi tersebut menjamin lumpur tinja yang disedot akan diolah secara baik di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) sebelum dibuang ke badan air. Perumda Paljaya mengelola dua IPLT yaitu IPLT Duri Kosambi, Jakarta Barat dan IPLT Pulogebang, Jakarta Timur," ujar Asep.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1510 seconds (11.252#12.26)