Mengenal Henk Ngantung, Sosok Gubernur DKI Jakarta Beretnis Tionghoa Pertama

Rabu, 02 November 2022 - 18:48 WIB
loading...
A A A
Pada 26 Agustus 1964 Henk Ngantung diangkat sebagai Gubernur Jakarta untuk menggantikan Soemarno yang naik level menjadi Menteri Dalam Negeri.

Hal ini membuatnya sebagai Gubernur beretnis tionghoa pertama. Ketika menjabat sebagai Gubernur, Henk tercatat sebagai salah satu Gubernur tersingkat yang pernah menjabat karena belum genap satu tahun dirinya sudah dicopot.

Pencopotan yang dilakukan pada 15 Juli 1965 ini lantas membuatnya sebagai gubernur yang hanya menjabat selama 11 bulan saja. Alasan pencopotannya bahkan sampai saat ini masih belum diketahui pasti.

Setelah tidak menjabat sebagai walikota, Henk kembali ke kehidupan sebelumnya yakni sebagai seniman. Kendati demikian dia justru mendapat kehidupan yang cukup sulit karena sempat dituding sebagai pengikut PKI yang tidak jelas darimana tuduhan tersebut ditujukan untuknya.

Labeling itu lantas membuat kariernya tamat. Hingga masa tuanya dijalani dengan sakit sakitan dan bahkan nyaris buta. Hingga akhirnya seniman ini meninggal pada 12 Desember 1991 di usianya yang ke 70 tahun.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)