Mengenal Henk Ngantung, Sosok Gubernur DKI Jakarta Beretnis Tionghoa Pertama

Rabu, 02 November 2022 - 18:48 WIB
loading...
Mengenal Henk Ngantung, Sosok Gubernur DKI Jakarta Beretnis Tionghoa Pertama
Henk Ngantung merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang menjabat cukup singkat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Henk Ngantung merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang menjabat cukup singkat. Selain itu dia juga menjadi walikota beretnis tionghoa pertama di Jakarta.

Henk Ngantung lahir pada 1 Maret 1921 di Manado, Sulawesi Utara. Sebelum menjadi Gubernur, Henk dikenal sebagai seorang seniman .

Baca juga : Ini 2 Gubernur DKI Jakarta yang Beretnis Tionghoa

Pria bernama lengkap Hendrik Hermanus Joel Ngantung ini merantau ke Jakarta yang masih bernama Batavia pada tahun 1904. Kala itu, Batavia masih menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Disinilah dia mulai berkarier sebagai seniman Ibu Kota.

Kemudian pada 29 Oktober 1946, Henk Ngantung menjadi seorang pendiri Gelanggang Seniman Merdeka yang menghimpun kaum seniman Angkatan 45, termasuk Chairil Anwar, Haruddin M.S., Mochtar Apin, Basuki Resobowo, Asrul Sani, dan lainnya.

Hal tersebut membuatnya menjadi salah seorang seniman papan atas yang kenal baik dengan Presiden Soekarno. Hingga dia sempat digaet untuk bergabung sebagai anggota Dewan Nasional (cikal-bakal Dewan Pertimbangan Agung).

Dikutip dari etd.repository.ugm.ac.id, Ambisi Soekarno yang ingin melihat Ibukota Jakarta terlihat lebih indah dan tertata memunculkan ide untuk mencari pemimpin yang dapat mewujudkan ambisinya.

Pada tahun 1960, Henk Ngantung diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Soemarno.

Sebelum menjadi Gubernur, Henk Ngantung sempat menyelesaikan pembangunan patung selamat datang yang dirancangnya demi menyambut Asian Games 1962.

Baca juga : 3 Peninggalan Fauzi Bowo saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)