Ini 2 Gubernur DKI Jakarta yang Beretnis Tionghoa

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:39 WIB
loading...
Ini 2 Gubernur DKI Jakarta yang Beretnis Tionghoa
Terdapat dua Gubernur DKI Jakarta beretnis Tionghoa yang pernah menjabat. Salah satunya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Gubernur DKI Jakarta beretnis Tionghoa yang pernah menjabat. Meski demikian, tak sedikit kebijakan yang diambil menghasilkan sejumlah pembangunan yang bermanfaat.

Dalam sejarahnya, Jakarta pertama kali dipimpin oleh Soewirjo dengan nama jabatan Pemimpin Pemerintahan Kota Jakarta. Seiring waktu, roda pemerintahan terus berjalan silih berganti dan memunculkan banyak Gubernur yang berasal dari latar belakang berbeda-beda.

Baca juga : 3 Peninggalan Fauzi Bowo saat Menjabat Gubernur DKI Jakarta

Dari sekian banyak, salah satu di antaranya terdapat juga Gubernur Jakarta yang berasal dari etnis Tionghoa. Siapa sajakah mereka?

Berikut dua Gubernur DKI Jakarta yang beretnis Tionghoa.

1. Henk Ngantung

Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau biasa dikenal sebagai Henk Ngantung merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang sempat menjabat pada periode 26 Agustus 1964 hingga 15 Juli 1965.

Dalam riwayatnya, Henk Ngantung menjadi orang non-muslim dan etnis Tionghoa pertama yang menjabat Gubernur Jakarta. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, sebelum menjadi pemimpin Jakarta, pria kelahiran 1 Maret 1927 ini dikenal sebagai seniman yang cukup terkemuka.

Semasa pemerintahannya, beberapa proyek pembangunan yang dilakukannya adalah ikon Taman Ismail Marzuki, Ikon Tugu Selamat Datang, hingga Tugu Pembebasan Irian Barat.

Baca juga : Daftar 5 Gubernur DKI Jakarta Termuda, Terakhir Berusia 23 Tahun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0946 seconds (0.1#10.140)