Masjid Ukhuwah UI Depok Peringati Maulid Nabi dan Santuni 1.000 Anak Yatim

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 18:06 WIB
loading...
Masjid Ukhuwah UI Depok Peringati Maulid Nabi dan Santuni 1.000 Anak Yatim
Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) Depok menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia ( UI ) Depok menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW . Memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad dengan berbagi kasih 1.000 anak yatim.

"Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini kita berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim. Menyampaikan pesan ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai Islam yang damai, mengajarkan kasih sayang," ujar Ketua Pelaksana Masjid Ukhuwah UI Depok KH Ahmad Solechan, Sabtu (8/10/2022). Baca juga: Kado Yatim Berikan Senyum Keceriaan Anak Yatim dan Dhuafa

Menurutnya, ribuan jamaah larut dalam kekhusyukan mengikuti rangkaian acara yang diisi dengan pembacaan Maulid Nabi. Ia menambahkan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh juara 1 MTQ Internasional Turki Ustaz Syamsuri Firdaus.

"Kita doakan agar para pimpinan, UI dan Negara Indonesia mendapatkan keselamatan dan keberkahan. Menyampaikan pesan pimpinan, bahwa pihak UI agar senantiasa bekiprah untuk masyarakat Depok atau sekitar. Melalui santunan anak yatim ini, semuanya berasal dari Depok. Momentum ini kita juga mengajak untuk memakmurkan dan mensyiarkan masjid UI. Banyak kegiatan bulanan, mingguan diisi dengan kajian bahkan simaan Al-Qur’an Bil Ghaib (hafalan atau membaca Al-Qur'an 30 juz tanpa melihat teks)," terangnya.



Sebagai pemateri tausiyah agama Pengasuh Ponpes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin, Bogor Luqman Hakim. Tema yang diangkat adalah warisan terindah Rasulullah SAW Sains dan Moralitas. Menurutnya, keberhasilan dakwah Nabi Muhammad adalah "bi idznillah (dengan izin Allah)".

Dia mengatakan, dalam berdakwah dan mengajak manusia adalah menyertakan dan izin Allah. Baca juga: Terdampak Pandemi, Pemerintah Diminta Bantu Anak-anak Yatim Piatu

"Dakwah karena izin Allah dan bukan untuk status. Sebab, yang memberikan hidayah adalah Allah. Salah satu upaya menghadirkan izin Allah adalah hati kita dengan ikhlas, syukur dan tawakkal. Dalam menuntut ilmu dan langkah agar selalu mengingat Allah. Agar mendapatkan pahala dan berkah," tuturnya.

Acara tersebut dihadiri ribuan jamaah yang larut dalam kekhusyukan acara. Nampak hadir mantan Rektor UI Anies, Rois Syuriah PCNU Kota Depok KH Syihabudin Ahmad, Ketua Lazisnu Kota Depok Ustaz Hafidz Ash-Shidqi dan lainnya. Di sela acara launching UPZ Baznas Masjid UI. Dalam santunan 1.081 anak yatim tersebut mendapatkan paket sembako dan uang.

Sebelumnya, acara diisi dengan simaan Al-Qur’an Bil Ghaib dan Zikrul Ghofilin. Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan bazar dan pameran, hadrah, pentas seni dan sebagainya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1515 seconds (10.177#12.26)