Titik Operasi Zebra di Jakarta Timur, Polisi: Teguran juga Tindakan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:26 WIB
loading...
Titik Operasi Zebra di Jakarta Timur, Polisi: Teguran juga Tindakan
Polisi melakukan Operasi Zebra Jaya 2022 dan menyasar bagi para pelanggar lalu lintas. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Satlantas Polres Jakarta Timur menggelar Operasi Zebra Jaya di tiga titik utama. Operasi Zebra Jaya ini digelar mulai 3-16 Oktober 2022.

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, pihaknya menggelar Operasi Zebra Jaya di tiga titik utama yaitu di Jalan DI Panjaitan, Ahmad Yani, dan Raya Bekasi Timur mulai dari pukul 07.00 WIB. Kemudian berlanjut ke terminal Pinang Ranti untuk memberikan imbauan. Baca juga: Ini Titik Operasi Zebra Jaya 2022 di Jakarta Pusat

"Tadi abis dari Panjaitan lurus arah Cawang, kita juga sentuh terminal untuk memberikan imbauan misalnya di Terminal Pinang Ranti. Kita sudah jalankan seperti itu," kata Edy saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

Edi menuturkan, Operasi Zebra Jaya 2022 berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya, kepolisian kini tak mengedepankan sanksi penindakan tetapi lebih kepada imbauan dan teguran.

"Kegiatan kita memberikan imbauan-imbauan terkait operasi zebra ini. Kita tidak mengedepankan pelanggaran yang entri, kita condong ke sistem elektronic traffic law enforcement (ETLE)," ujarnya.

Dia mengatakan, teguran juga merupakan tindakan langsung kepada pelanggar lalu lintas.

"Kita di lapangan, namanya penindakan tidak harus manual. Peneguran pun itu sudah penindakan," ucap Edy.



Terakhir ia mengajak kepada, seluruh masyarakat yang melintas di wilayah Jakarta Timur untuk selalu menaati rambu lalu lintas dan segala peraturan dalam berkendara.

"Saya mohon dukungan nya seluruh elemen masyarakat mendukung pelaksanaan operasi zebra ini biar berjalan lancar. Mari kita tertib, disiplin berlalu lintas, taati rambu-rambu yang sudah ada," kata dia.

Sebagai informasi, Polri menggelar Operasi Zebra 2022 serentak di seluruh Polda. Operasi Zebra digelar pada mulai 3-16 Oktober 2022. Operasi Zebra merupakan operasi yang rutin digelar kepolisian agar para pengendara tertib lalu lintas. Baca juga: Operasi Zebra di Jakarta Barat, Pelanggaran Melawan Arus Masih Mendominasi

Pada operasi yang dimulai pada 3 Oktober 2022 ini proses penindakan tidak dilakukan dengan tilang manual. Namun, dengan menerapkan sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE), aplikasi mobile ETLE, serta teguran simpatik.

Ditlantas Polda Metro Jaya mengerahkan 3.000 personel gabungan dalam operasi tersebut. Ribuan personel itu terdiri dari berbagai unsur instansi terkait guna pengamanan Operasi Zebra Jaya 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1338 seconds (11.210#12.26)