2 Polwan Cantik Lulusan UI, Nomor 1 Peraih Pin Emas

Selasa, 04 Oktober 2022 - 05:10 WIB
loading...
2 Polwan Cantik Lulusan UI, Nomor 1 Peraih Pin Emas
Kompol Rosana Albertina Labobar (Ocha). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Polisi wanita di Indonesia memiliki segudang prestasi luar biasa yang sangat membanggakan. Tidak hanya berprestasi di dunia kepolisian, polwan cantik ini berhasil meraih gelar pendidikan tinggi dari sejumlah kampus ternama di Indonesia, termasuk dari Universitas Indonesia.

1. Kompol Rosana Albertina Labobar

Nama Kompol Rosana Albertina Labobar, S.IK, M.Si terkenal karena prestasinya dalam menggagalkan penyelundupan sabu internasional.

Pada tahun 2017 lalu, Rosana yang menjabat sebagai Wakasat Narkoba Polresta Depok itu berhasil mengungkap penyelundupan sabu seberat satu ton di Anyer, Banten. Dalam pengungkapan kasus tersebut, ia merupakan satu-satunya polwan yang terlibat.

Atas prestasinya, Rosana memperoleh kenaikan pangkat luar biasa, dari AKP menjadi Komisaris Polisi. Keterlibatan Rosana dalam pengungkapan peredaran narkoba bukan sekali itu saja.

Sebelumnya, ia pernah pula terlibat dalam mengungkap penyelundupan 135 kilogram sabu. Saat itu, polwan yang akrab dipanggil Ocha ini bertugas di Direktorat IV Bareskrim Polri Sulawesi Tenggara.

Setelah berdinas di Polresta Depok, Rosana dipindahkan menjadi Kanit Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Di sini ia juga berhasil mengungkap jaringan liquid vape dan ganja sintetis.

Rosana mengungkap mulai dari pengedar, tempat pembuatan, pengendali, bahkan bandar besar dan jaringan internasional. Berkat prestasinya, Rosana berhasil meraih Pin Emas Ibu Presiden pada HUT Polwan 2019.

Lulusan Akademi Polisi tahun 2007 ini lalu ditugaskan sebagai Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Setelah itu, pada April 2021, Rosana resmi dilantik sebagai Kapolsek Tanjung Duren.

Ia menjadi polwan pertama yang menjabat kapolsek di lingkungan Polres Metro Jakarta Barat.Polwan kelahiran Ambon, 19 Oktober 1986 ini telah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Indonesia pada tahun 2020 dari program magister sains akuntansi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)