Jaga Lingkungan, Sejumlah Apartemen di Jakarta Bangun SPKLU

Senin, 03 Oktober 2022 - 21:41 WIB
loading...
Jaga Lingkungan, Sejumlah Apartemen di Jakarta Bangun SPKLU
Sejumlah apartemen di Jakarta kelolaan Inner City Management (ICM) membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah apartemen di Jakarta kelolaan Inner City Management (ICM) membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) . Langkah itu dilakukan setelah soft opening dan uji coba dilakukan di Apartemen Sudirman Park, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022).

Kerja sama antara ICM dengan PT Optima Integra Tehnika membuktikan komitmen ICM dalam menjaga lingkungan. Turut hadir dalam peresmian itu Direktur Operasional ICM Krisdiarto Adi Pranoto, Direktur Utama PT Optima Integra Tehnika Vicarna Yasier, Manager Sudirman Park Rico Gautama, dan Ketua Perhimpunan Penghuni Rumah Susun (PPRS) Sudirman Park Rusli Usman.
Baca juga: Ini 3 Skema Bisnis SPKLU dan SPBKLU

Menurut Krisdiarto, adanya SPKLU dapat meningkatkan mutu pelayanan ICM sebagai konsultan pengelola profesional yang terus berupaya memahami kebutuhan para penghuninya. Selain itu, menjadi bentuk dukungan implementasi kendaraan listrik untuk menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

“Kerja sama SPKLU ini meliputi seluruh apartemen yang pengelolaannya ada di bawah naungan ICM. Bersama dengan mitra penyedia, kami sudah melakukan survei di semua site untuk menentukan titik mana saja yang akan dibangun SPKLU secara bertahap. Ini adalah bukti kesiapan kami dalam menyambut tren kendaraan listrik sebagai sebuah keniscayaan sistem transportasi di masa depan,” ujar Krisdiarto, Senin (3/10/2022).

Selain di Sudirman Park, pihaknya berencana memperluas kerja sama dengan sejumlah mitra lainnya seperti produsen mobil dan motor listrik untuk menjadi tenant di site kelolaan yang mencapai 40 site apartemen di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Selain SPKLU, ICM berfokus terhadap permasalahan lingkungan, seperti melakukan pengelolaan sampah dengan konsep 4R, yaitu Reuse, Reduce, Recycle dan Replant. Konsep itu membuat apartemen menjdi 4G yaitu Green City, Green Waste, Green Water dan Green Energy.

Vicarna Yasier mengatakan, dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik, pihaknya telah menjajaki kemitraan bersama berbagai pihak yaitu kawasan industri, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, area permukiman seperti perumahan, apartemen, serta fasilitas publik lainnya.

Rico Gautama menuturkan peresmian ini merupakan bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur di lingkungan apartemen sebagai bentuk dukungan dari pengelola terhadap program pemerintah sebagaimana tertulis dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).


“Kami harap fasilitas ini dapat menggugah penghuni lainnya agar tidak ragu beralih menggunakan kendaraan listrik yang bebas polusi. Jika antusiasme terus bertambah, tentunya kami akan membuka lebih banyak lot parkir di area SPKLU dan melakukan penambahan daya yang lebih besar agar pengisian menjadi lebih cepat dan efisien,” ujar Rico.

Nanti SPKLU akan dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki kendaraan listrik, dan khusus penghuni apartemen dapat memanfaatkannya secara gratis selama masa uji coba terhitung 1 Oktober hingga 1 November 2022.

Rusli Usman selaku Ketua PPRS mengapresiasi upaya yang telah dilakukan badan pengelola dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas para penghuni di apartemen. Dia berharap agar dukungan yang sudah ada tetap dipertahankan dan semakin ditingkatkan.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2800 seconds (11.210#12.26)