Kolaborasi World Cleanup Day 2022 DKI Jakarta Pilah Sampah dari Rumah

Minggu, 18 September 2022 - 15:44 WIB
loading...
Kolaborasi World Cleanup Day 2022 DKI Jakarta Pilah Sampah dari Rumah
Untuk kali kelima sejak tahun 2018, Lions Club Distrik 307 A1 Jakarta menyelenggarakan kegiatan World Cleanup Day (WCD). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Untuk kali kelima sejak tahun 2018, Lions Club Distrik 307 A1 Jakarta menyelenggarakan kegiatan World Cleanup Day (WCD). Kegiatan ini merupakan gerakan massa global mengajak setiap orang untuk melakukan bersih-bersih yang diadakan serentak di seluruh dunia.

Tujuannya menyatukan komunitas global dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan serta melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat.

Kegiatan yang diselenggarakan Sabtu, 17 September 2022 ini melibatkan masyarakat, komunitas lingkungan, unit bank sampah dan relawan di 267 kelurahan yang tersebar pada 6 lokasi di wilayah Jakarta. Keterlibatan Bank Sampah dalam program ini untuk menampung hasil pilah sampah terkumpul yang menjadi program WCD.
Baca juga: Kurangi Sampah Jakarta, DKI Bangun 4 Fasilitas Pengelolaan Sampah dalam Kota

Tema besar kegiatan WCD 2022 yakni “Pilah Sampah dari Rumah”, yang bermakna memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat dalam menanggulangi masalah sampah dengan memilah sampah dimulai dari rumah. “Ini juga terkait dengan kondisi masih pandemi Covid-19,” kata Reiny Z Arifin, Gubernur Distrik Lions Club 307 A1 Jakarta.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara ini dihadiri Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim. Dia menyambut baik dan mendukung kegiatan WCD serta mengapresiasi Lions Club. Kegiatan ini sesuai program Pemprov DKI Jakarta yang dituangkan dalam Pergub No 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

Kegiatan aksi bersih-bersih tahun 2022 ini merupakan hasil kolaborasi Lions Club International Distric 307 A1 dan B1 dengan berbagai pihak lintas sektoral, Pemkot Jakarta Utara, pelaku usaha yang peduli terhadap lingkungan khususnya persampahan seperti PT Chandra Asri Petrochemical, PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, Plasticpay, Yayasan Sekolah Sampah Nusantara, Mountrash Avatar Indonesia, PPI (Perempuan Pemimpin Indonesia) DKI Jakarta, ABUPI (Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia).

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili Direktur Penanganan Sampah Novrizal Tahar mengapresiasi kegiatan World Cleanup Day yang sudah dilakukan sejak tahun 2018.

“Ini sangat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah bahwa Aksi Cleanup dan Pilah Sampah dari Rumah menjadi suatu keharusan untuk menuju Indonesia Bersih 2025,” ungkapnya.

Nicko Setyabudi, Circular Economy Sr Specialist PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mendukung penuh kegiatan World Cleanup Day 2022 yang mengusung tema “Pilah Sampah Dari Rumah”. Tentunya kegiatan ini dapat menjadi media edukasi yang sangat baik bagi masyarakat untuk dapat mulai membiasakan diri dalam melakukan pemilahan sampah dari rumah masing-masing.

Pihaknya juga mendukung program pemerintah dalam mencapai target pengelolaan sampah sebanyak 70 persen dan pengurangan sampah sekitar 30 persen pada tahun 2025.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1845 seconds (11.210#12.26)