Demo Tolak Kenaikan BBM, Ribuan Buruh Bakal Turun ke Jalan Hari Ini

Selasa, 06 September 2022 - 07:27 WIB
loading...
Demo Tolak Kenaikan BBM, Ribuan Buruh Bakal Turun ke Jalan Hari Ini
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi turun ke jalan pada Selasa (6/9/2022). Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi turun ke jalan pada Selasa (6/9/2022). Aksi ini untuk menolak kenaikan harga BBM .

Presiden KSPI mengatakan, seluruh serikat buruh dari berbagai elemen pastinya menolak kenaikan harga BBM saat ini. "Menolak keras kenaikan harga BBM dikarenakan akan meningkatkan inflasi secara tajam. Inflasi bisa tembus di angka 6,5 persen sehingga akan berdampak pada daya beli rakyat kecil," kata Iqbal pada Selasa (6/9/2022).

Iqbal meminta DPR untuk memastikan, mendesak, dan mendorong pemerintah agar harga BBM kembali ke semula. Iqbal menegaskan, bakal menentang segala bentuk pencabutan subsidi.

Karena, kata Iqbal, tingkat upah di kalangan buruh yang tidak naik juga akan berdampak pada banyaknya PHK akibat kenaikan harga barang. Baca: Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa Bakar Ban Bekas Dekat Istana Bogor

"Oleh karena itu sebagai tahap awal pernyataan sikap KSPI ini akan melakukan aksi awalan yang akan dilakukan pada 6 September di seluruh Indonesia 34 provinsi, ratusan kabupaten di Indonesia, khususnya yang berbasis kota industri," ungkapnya.

Aksi di Jabodetabek ini, kata Iqbal, akan diramaikan sebanyak 3.000-5.000 orang yang akan turun ke jalan. Bahkan, serentak di seluruh provinsi di kantor-kantor gubernur.

"Mendesak kepada Gubernur untuk mengirim surat ke pemerintah pusat dan DPR RI mengembalikan harga BBM ke harga sebelum kenaikan," tegasnya.

Aksi ini, lanjut Iqbal, bila tidak didengar oleh pemerintah, bisa dipastikan KSPI akan menggelar aksi-aksi lanjutan bahkan aksi besar-besaran. "Mogok nasional menjadi salah satu pilihan bila mana aksi-aksi ini tidak didengar oleh pemerintah, Gubernur, Bupati, Wali Kota, DPR maupun DPRD," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)