Cara Tanah Tinggi Tak Kembali Kumuh

Kamis, 22 Mei 2014 - 19:52 WIB
Cara Tanah Tinggi Tak Kembali Kumuh
Cara Tanah Tinggi Tak Kembali Kumuh
A A A
JAKARTA - Guna menjaga kawasan Tanah Tinggi tidak kumuh kembali, Suku Dinas (Sudin) Perumahan Jakarta Pusat, melakukan koordinasi dengan camat dan lurah.

"Kita selalu berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk menjaga kawasan tersebut agar tidak menjadi kumuh lagi," ujar Kasudin Perumahan Jakarta Pusat Sabam Marpaung di Jakarta, Kamis (22/5/2014).

Selain itu, Sabam mengatakan, tumbuhan yang ada di halaman rumah dan yang menempel di dinding, serta digantung di depan rumah warga merupakan pemberian dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, sehingga ada kepentingan sudin perumahan untuk terus melakukan monitoring.

"Kita hanya lakukan monitoring, jika sudah ada warga yang mulai melanggar, maka segera ditiindak dari tingkatan terendah seperti ketua RT hingga pihak camat," tuturnya.

Sementara itu, Sosiolog Universitas Indonesia Daisy Indira Jasmine mengatakan, ruang interaksi juga perlu ada di Kampung deret itu. Karena, itu bermanfaat untuk sosialisasi antar warga lainnya.

"Ada berbagai type masyarakat di Jakarta, namun untuk kawasan tanah tinggi akan lebih cocok dan bermanfaat ketika ada ruang interaksi seperti saat ini, meskipun hanya jalan raya," ujarnya.

Menurutntya pola interaksi masyarakat akan membentuk karakter seseorang. Jika di kawasan tersebut warganya terbiasa berinteraksi, tentu orang yang tidak berinteraksi akan mencolok dan mencurigakan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)