Plt Bupati Bogor Kesal Dicuekin Anak Buah, Ancam Rotasi Pejabat Besar-besaran

Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:58 WIB
loading...
Plt Bupati Bogor Kesal Dicuekin Anak Buah, Ancam Rotasi Pejabat Besar-besaran
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan geram lantaran ada kepala dinas tidak hadir dan pergi meninggalkan ruangan tanpa izin. Pemandangan itu terjadi dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional dan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kabupaten Bogor di Auditorium Setda Kabupaten Bogor, Kamis 28 Juli 2022.

"Kalau kecewa unek-unek ya. Kalau saya kesal ya, marah karena jabatan Plt ini melaksanakan tugas seluruh kebupatian tanpa kecuali apa pun yang menjadi tugas bupati saya yang handle. Tapi secara pribadi menghandle terus perangkatnya tidak guyub," keluh Iwan, Jumat (29/7/2022).
Baca juga: Iwan Setiawan Ditunjuk sebagai Plt Bupati Bogor Gantikan Ade Yasin

Dia telah berusaha agar roda pemerintahan di Kabupaten Bogor terus berjalan apa pun kendalanya. Seharusnya perangkat daerah tidak memelihat secara subjektif siapa pemimpinnya saat ini.

"Psikologis kita ini bahwa mereka adalah perangkat daerah siapa pun pemimpinnya ikutin. Itu baru bernegara yang benar. Siapa pun pimpinannya ikutin, jangan menilai pada subjekivitas. Objektifnya saya ditugaskan sebagai pelaksana tugas berdasarkan aturan atau undang-undang. Ikutin semua jangan punya pikiran yang lain-lain gitu," ungkapnya.

Dia dengan tegas dan tidak segan merotasi jajaran Pemkab Bogor apabila diperlukan. Karena, yang dibutuhkannya adalah perangkat daerah yang memiliki tujuan sama.

"Jangan salahkan saya kalau suatu saat kami mengubah formasi, posisi supaya kru ini satu napas, satu suara, satu keinginan, satu langkah, serta satu frekuensi. Kalau masih begini jangan salahkan saya. Seandainya itu harus, kami akan laksanakan. Kalau masih bisa dibina ya kita bina, tapi kalau tidak bisa jangan salahkan saya ambil langkah-langkah konkret membuat formasi dream team berdasarkan selera berdasakan keinginan selama saya sebagai Plt," ujar Iwan.
Baca juga: Profil Iwan Setiawan, Plt Bupati Bogor Gantikan Ade Yasin yang Ditangkap KPK

Menurut dia, amarahnya ini semata buka karena ingin dihormati sebagai Plt Bupati Bogor. Namun, lebih kepada etika dan menunjukkan di mata publik bahwa perangkat daerah di Kabupaten Bogor saling dukung.

"Situasi kelihatannya belum stabil, belum kondusif. Kelihatan dari kegiatan itu tidak ada satu pun kepala dinas yang hadir atau meninggalkan acara tanpa izin dan belum selesai. Etikanya di mana gitu, minimal kalau keluar izin karena kita hadir ini buka saya mau dihormati tapi biar di mata publik perangkat daerah pimpinan daerah itu saling mendukung," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)