Ragam Kisah Warga Kembangan Utara Hadapi Banjir yang Datang Tengah Malam

Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:01 WIB
loading...
Ragam Kisah Warga Kembangan Utara Hadapi Banjir yang Datang Tengah Malam
Banjir yang melanda wilayah Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, menyisakan beragam cerita dari warga terdampak. Foto: MPI/Dimas
A A A
JAKARTA - Banjir di wilayah Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, menyisakan beragam cerita dari warga terdampak. Banjir yang datang tengah malam membuat warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang di rumah.

Erna (28), warga RT 01/RW 01 Kembangan Utara, misalnya, malam itu, Jumat (15/7/2022), masih sibuk memegang sodet untuk mempersiapkan nasih uduk untuk dijual besok hari. Sesekali, ia harus membolak-balikan nasi uduk yang dibuatnya agar tidak gosong.



Dalam dapur kontrakannya yang berukuran tiga kali dua meter, perempuan berusia 28 tahun itu terus merasakan kecemasan. Kayaknya bakal banjir sih ini," ujarnya menceritakan detik-detik datangnya banjir, saat ditemui, Sabtu (16/7/2022).

Kecemasan Erna semakin bertambah setelah mendapat informasi bahwa Kali Angke Hulu berstatus Siaga 1. Dengan sigap, ia pun membangunkan suaminya untuk bergegas memindahkan surat-surat berharga ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena banjir.

Benar saja, beberapa menit pergantian hari, tepatnya pada pukul 00.05 WIB, ketinggian muka air Kali Angke Hulu sudah mencapai hingga 355 cm. Perlahan, debit air kemudian naik hingga merambat ke permukiman warga.

"Tengah malam itu mulai masuk air ke sini," tukasnya.



Erna mengaku masih beruntung lantaran genangan air yang masuk ke dalam rumahnya tidak terlalu tinggi, yakni hanya setinggi lutut orang dewasa. "Tapi mau gimana, kasur sudah basah semua," ucapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)