PKL di Kawasan RSUD Cengkareng Ditertibkan, Kini Muncul Masalah Parkir Liar

Senin, 11 Juli 2022 - 16:34 WIB
loading...
PKL di Kawasan RSUD Cengkareng Ditertibkan, Kini Muncul Masalah Parkir Liar
Penataan kawasan RSUD Cengkareng, Jakarta Barata, masih belum membuahkan hasil maksimal. Setelah menertibkan PKL, parkir liar malah menjamur. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Penataan kawasan RSUD Cengkareng, Jakarta Barata, masih belum membuahkan hasil maksimal. Setelah menertibkan PKL, parkir liar malah menjamur. Alhasil, kemacetan lalu lintas kembali muncul di kawasan itu.

Pantauan di lokasi terlihat sejumlah kendaraan mewah memenuhi pinggiran RSUD. Mereka tersebar di jalan menuju ruko Mutiara Palm, serta Jalan Gunung Pangrango yang dahulunya dipenuhi lapak PKL.

Baca juga: Parkir Sembarangan Bikin Macet, Kapolda Metro: Kok Dibiarkan Polantas?

Kondisi demikian membuat jalanan yang semestinya bisa dilalui dua kendaraan menjadi hanya satu hingga menciptakan penyempitan (bottle neck). Imbasnya, kemacetan tak terhindarkan hingga ratusan meter.

“Untuk 100 meter butuh 15 menit,” kata Beni (30), pengendara sepeda motor saat ditemui di lokasi, Senin (11/7/2022).

Jalan Pangrango sepekan lalu masih dipenuhi sejumlah PKL. Mereka memenuhi dua sisi jalan dan menggelar lapaknya, dari makanan, cemilan, minuman, hingga aksesori di kedua sisi trotoar.

Namun sejak Senin pagi, nyaris tak terlihat lagi PKL, warung semi permanen, dan dua pos ronda di sana. Sepeda motor milik masyarakat yang membeli atau jajan mulai tak terlihat karena tidak adanya aktivitas jual-beli.

Namun jalanan tetap macet lantaran banyak kendaraan yang terparkir di pinggir jalan. Beberapa pemilik mengakui sengaja parkir di pinggiran jalan karena parkiran RSUD yang penuh.

“Habis tidak ada parkir. Lagi pula saya tidak lama,” kata Toto, pria berusia sekitar 40 tahun yang membawa mobil Sigra putih.

Toto yang mengaku ingin menjenguk sepupunya yang kini terbaring lemah di rumah sakit beralasan parkir pinggir jalan jauh lebih murah. Termasuk ancaman kendaraan hilang kecil karena banyak masyarakat di sekitar lokasi.

“Kalau di belakang RSUD ada, cuman sepi dan enggak ada jukirnya juga,” tambah Toto.

Di lokasi terlihat pria berompi kuning hilir mudik mengatur kendaraan yang ingin parkir di pinggir jalan depan RSUD. Setiap mobil keluar, ia menerima lembaran uang, beberapanya, seperti pecahan Rp5.000.

Kasudinhub Jakarta Barat Muslim mengatakan akan segera menindak parkir liar di sana. Ia berjanji segera memerintahkan anggota untuk turun ke lapangan.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1399 seconds (10.177#12.26)