Hari ini, Jalan Bintaro diberlakukan satu arah

Senin, 23 Desember 2013 - 10:28 WIB
Hari ini, Jalan Bintaro diberlakukan satu arah
Hari ini, Jalan Bintaro diberlakukan satu arah
A A A
Sindonews.com - Untuk mencegah terulangnya kembali kecelakaan di pintu perlintasan Pondok Betung, Jakarta Selatan, mulai hari ini Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya sepakat untuk melakukan rekayasa lalulintas dengan menjadikan Jalan Bintaro satu arah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, Setelah melakukan pembahasan dengan seluruh stake holder maka diputuskan untuk melakukan rekayasa dari dua arah menjadi satu arah.

"Perlintasan tempat terjadinya kecelakaan adalah tempat yang semrawut lalu lintasnya, sehingga butuh rekayasa cepat," katanya ketika dihubungi, Senin (23/12/2013).

Selain itu, di jalan tersebut ada lima jalan yang semuanya bermuara ke jalan yang ada di perlintasan itu. Belum lagi ditambah banyaknya angkutan umum yang ngetem sehingga membuat lalu lintas semakin kusut.

Menurutnya, pemberlakuan sistem baru ini akan mulai diterapkan pada Senin ini. Hasil pembahasan maka diputuskan jalur-jalur yang akan direkayasa yaitu Pemberlakukan sistem satu arah (SSA) pada ruas-ruas jalan Bintaro Permai Raya, dari arah barat menuju timur (segmen perlintasan rel KA Ulujami sampai dengan Jalan RC Veteran).

Selanjutnya, jalan sejajar tol Jakarta - Tangerang (depan kampus Universitas Moestopo) dari arah Jalan RC Veteran menuju Jalan Bintaro Permai Raya.

Dengan adanya pemberlakuan sistem satu arah (SSA) pada Jalan Bintaro Permai dan Jalan sejajar Tol Jakarta – Tangerang tersebut, pengguna jalan yang ingin menuju Pondok Betung / Pondok Aren / Pesanggarahan / Ulujami yang selama ini dapat melalui Jalan Bintaro Permai diminta melalui Jalan Kesehatan via Tanah Kusir) atau melalui Jalan Ulujami Raya via Cipulir atau Jalan Moh Saidi Raya via Kostrad.

Untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan perjalanan KA, pada area di sekitar pintu perlintasan KA perlintasan rel KA Ulujami di Jl Bintaro Permai Raya dan perlintasan KA di Jalan Bintaro Puspita (Perumahan Bumi Bintaro Permai) akan ada yellow box.

Ditempat terpisah, Kanit Lantas Polsek Pesanggrahan AKP Sugiran menegaskan, nantinya kendaraan yang boleh melewati perlintasan tersebut hanya yang dari arah Pasar Bintaro menuju persimpangan Hankam. Sementara untuk kendaraan dari arah Tanah Kusir yang mau kearah Pasar Bintaro dialihkan melalui Jalan RC Veteran.

"Hanya satu arah saja yang ke arah Hankam. Kalau dari Tanah Kusir nanti harus lurus ke jalan RC Veteran dan berbelok melalui jalan Kesehatan atau jalan Cempaka untuk ke Pasar Bintaro," jelasnya.

Walaupun begitu, ada pengaturan arus juga untuk Jalan Kesehatan dan Jalan Cempaka. Untuk pagi hari dari pukul 06.00-09.00 WIB kendaraan yang ke Bintaro harus melalui Jalan Cempaka, karena Jalan Kesehatan satu arah dari Bintaro ke Jl RC Veteran atau Jl Deplu Raya.

"Sementara dari pukul 17.00-21.00 WIB itu, yang kearah Bintaro melalui jalan kesehatan. Sementara jalan Cempaka mengambil arah sebaliknya," tuturnya.

Pihak Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan sudah melakukan sosialisasi dengan spanduk dan untuk rambu-rambu yang sudah akan dipasang sebelum pelaksanaan.

Untuk hari pertama, akan banyak ditempatkan personel dipersimpangan Hankam. Karena dititik inilah yang dianggap perlunya sosialisasi lebih intens terhadap pengendara.

"Anggota saya lima orang ditambah dua perwira. Dikyasa Polres Jaksel tiga orang, patroli Polsek Pesanggrahan lima orang, ditambah Sudinhub dan Satpol PP. Butuh banyak orang karena massa sosialisasi," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7042 seconds (0.1#10.140)