Marbot Masjid di Rawamangun Puluhan Tahun Menabung untuk Pergi Haji, Dari Tukang Tambal Ban hingga Dicurigai Mencuri Kas Masjid

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:58 WIB
loading...
A A A
"Meski ekonomi kami itu pendapatannya seperti puasa senin-kamis, selang seling dan jatuh bangun tapi Alhamdulillah kami bersyukur bisa ibadah haji meski dengan kondisi ekonomi pas-pasan," ucap Sopiah.

Sedangkan Waridjun menambahkan, dirinya hanya mengamalkan potongan surat Al-Hajj ayat 27 karena pesan seorang Kiai yang ditemuinya di Masjid tempat dia bertugas sebagai marbot.
"Saya dulu dipesankan oleh salah seorang Kiai untuk mengamalkan bacaan surat Al-Hajj ayat 27. Katanya kalau ingin buru-buru berangkat haji, amalin ayat tersebut tiap selesai shalat, Wa azzin fin naasi bil Hajji yaatuuka rijaalanw wa 'alaa kulli daamiriny yaatiina min kulli fajjin 'amiiq," katanya dengan lancar menlafalkan ayat tersebut.

Sempat Dicurigai Menggunakan Uang Kas Masjid

Terkait keberangkatan hajinya di tahun 2007, Waridjun dan Sopiah sempat dianggap menggunakan uang kas Masjid lantaran keaktifannya mengurus masjid. Namun kedua pasangan suami istri itu kompak tidak menggubris desas-desus tidak baik kepada mereka.

"Kami bahkan sempat dicurigai berangkat haji karena menggunakan uang kas masjid, tetapi buat apa menanggapi gosip yang tidak baik tersebut. Kami sudah tua saat itu, hanya menghabiskan energi saja. Toh palingan bisa jawab Innalillahi waa inna ilaihi roji'un," ujar Sopiah mengulas.

Sembari memomong cucu kembar laki-lakinya, Sopiah pun menuturkan kejujuran dalam kehidupan menjadi hal yang penting. Pasangan kakek-nenek dengan 10 cucu tersebut kini bersyukur dapat menjalankan kehidupannya meski dengan banyak keterbatasan.

"Kejujuran itu penting, karena kepercayaan orang itu mahal. Meski kadang sudah jujur, kita pun masih dicurigai sama orang lain. Tapi itu pesan saya untuk anak-anak dan cucu saya," ujar Sopiah berpesan.

Sopiah pun menjelaskan cerita orang dinm sekitar lingkungannya untuk tidak dipikirkan. Desas-desus itu terus didengungkan antar warga hingga ke keluarganya.

"Meski sampai omongannya, saya dan bapak yang penting saat itu fokus untuk berangkat haji saja. Biarkan saja, istighfar banyak-banyak. Itu mungkin salah satu ujian dari Allah SWT juga," imbuh Sopiah.

Setelah berbincang lama, Waridjun dan istrinya juga berpesan kepada MNC Portal untuk tetap bekerja keras. Baginya, perjuangan naik turun dan kesabaran nantinya akan berbuah manis pada masanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)