Cerita Anies soal Drama Nyaris Batalnya Jakarta Gelar Balap Formula E

Jum'at, 03 Juni 2022 - 05:54 WIB
loading...
Cerita Anies soal Drama Nyaris Batalnya Jakarta Gelar Balap Formula E
Anies Baswedan menceritakan kembali perihal perjalanan Jakarta yang nyaris gagal menjadi tuan rumah balapan Formula E. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan mengungkap salah satu momentum dramatis terkait ajang balapan Formula E atau E-Prix. Ketika itu, hapir saja Jakarta nyaris batal menjadi tuan rumah.

Anies ingat terlibat perbincangan panjang melalui telepon dengan Chief Competition Officer E-Prix Alberto Longo. Ketika itu, Covid-19 mulai mengamuk di Jakarta. Situasi sedang memburuk. Balapan Formula E seri Jakarta masih dijadwalkan pada Juni 2020.

Artinya, dua bulan dari momen obrolan maraton Anies-Alberto. Ada opsi untuk menunda bahkan sampai benar-benar dibatalkan. "Saya ingat saat itu Alberto sedang berada di lapangan sepak bola bersama putranya. Dan obrolan kami benar-benar menentukan lanjut tidaknya balapan ini di Jakarta," beber Anies di Balai Kota, Kamis (2/6). Alberto yang berada di samping Anies menimpali, "Ya, saat itu bulan April 2020."



Dalam obrolan di telepon dengan Alberto, Anies bersikeras balapan tetap digelar meski harus ditunda beberapa waktu. Sementara Alberto punya pertimbangan lain.

"Sudah banyak dana yang disiapkan. Di sisi lain, kalau rencana balapan ini tidak dilanjutkan, tekanan politik bakal kian luar biasa dan ini harus dihindari," kata penulis buku Merawat Tenun Kebangsaan ini.

Akhirnya, lanjut Anies, dirinya dan Alberto sampai pada kesepakatan bahwa ajang balap Formula E di Jakarta dilanjutkan.



"Keputusan (saat itu) telah diambil. Formula E tetap melaksanakan salah satu seri balapannya di Jakarta yakni pada 2022. Kalau keputusannya tidak begitu, tentu ceritanya akan berbeda. Dan sekarang kita semua menyambut event yang telah lama dinantikan ini dengan senang hati," ungkap Anies.

Dalam perjalanannya, sirkuit jalanan balap Formula E yang sebelumnya disiapkan di sekitar Monas pun dipindah ke sirkuit baru di kawasan Ancol dengan beragam pertimbangan. *
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)