Deteksi PMK pada Hewan Ternak, Pemkot Tangerang Buka Posko Aduan

Senin, 30 Mei 2022 - 08:46 WIB
loading...
Deteksi PMK pada Hewan Ternak, Pemkot Tangerang Buka Posko Aduan
Mewabahnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak membuat Pemkot Tangerang membuka posko pengaduan temuan hewan ternak yang terinfeksi. Foto: DKP Kota Tangerang
A A A
TANGERANG - Mewabahnya penyakit mulut dan kuku ( PMK ) pada hewan ternak membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuka posko pengaduan temuan hewan ternak yang terinfeksi. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi sedini mungkin adanya penyakit tersebut, meskipun belum ada temuan PMK di Kota Tangerang.

"Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang membuka posko pengaduan PMK, melalui beberapa nomor kontak yang sudah disebar ke masyarakat. Baik itu melalui media sosial ataupun website resmi Pemerintah Kota Tangerang," jelas Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin (30/5/2022).

Masyarakat yang mengetahui ada hewan ternak khususnya sapi dengan gejala PMK bisa langsung melapor dinas terkait. Adapun gejalanya yaitu suhu tinggi antara 39-41derajat, air liur pada hewan ternak berlebih, berbusa, dan menggantung, pincang hingga sulit berdiri, lesu, serta tidak mau makan.

"Apabila menemukan gejala tersebut, silakan melaporkan kepada nomor 081394343260, 081380223068," kata Arief.



Kabid Pertanian DKP Ibnu Ariefyanto menerangkan, pihaknya sudah melakukan upaya pengendalian dan pencegahan hewan ternak dengan suspect PMK/PMD di wilayahnya. Pihaknya sudah memperketat pemeriksaan hewan ternak pada 60 peternakan yang ada di Kota Tangerang.

“Pemeriksaan kesehatan PMK sapi sudah dilakukan DKP seminggu belakangan ini, dan sudah 34 peternakan sapi diperiksa. Aksi ini akan terus dilakukan hingga semua peternakan atau lokasi penggemukan di Kota Tangerang dicek secara menyeluruh,” tuturnya.

Dia pun menjelaskan, untuk mencegah wabah PMK masuk ke Kota Tangerang, DKP juga tengah membentuk Tim Unit Respons Cepat PMK, mendistribusikan obat, penyuntikan vitamin, pemberian antibiotik hingga penguatan imun.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)