Perubahan Rute KRL, Penumpang di Stasiun Manggarai Kebingungan

Senin, 30 Mei 2022 - 08:07 WIB
loading...
Perubahan Rute KRL, Penumpang di Stasiun Manggarai Kebingungan
Salah seorang penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, tampak kebingunan dengan perubahan rute KRL. Foto: MNC Portal/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Buntut perubahan rute perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) yang baru mulai diterapkan di Stasiun Manggarai , Sabtu 28 Mei 2022 mengakibatkan banyak penumpang menjadi bingung. Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) melalui anak usahanya PT Kereta Comuter telah melakukan perubahan rute perjalanan KRL sejak Sabtu 28 Mei 2022.

Dalam pantauan MNC Portal di lokasi pada Senin (30/5/2022) pada pukul 07.30 WIB, para penumpang KRL tampak membanjiri stasiun. Terlihat dari banyaknya penumpang, beberapa dari mereka yang turun langsung mendekati petugas yang tengah berjaga. Baca juga: Transjakarta Antisipasi Lonjakan Penumpang di Stasiun Manggarai

Raut wajah cemas serta derap langkah yang cepat terlihat beriringan bersama jalur keluar masuk yang semrawut. Kendati demikian, para petugas KAI hingga pihak keamanan sigap berdiri di tiap-tiap sudut Stasiun Manggarai.

"Sebenarnya agak ngebingungin, karena kan harus ngejar ke tempat berangkat kerja dengan perubahan rute, jadi harus berangkat lebih awal," ujar Arit salah seorang penumpang KRL kepada MNC Portal Indonesia di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

Senada dengan Arif, salah seorang penumpang lainnya, Maria (27) turut mengeluhkan adanya perubahan rute KRL. Menurutnya, dengan adanya perubahan tersebut cukup membuat dirinya terhambat saat hendak berangkat kerja.



"Jadi biasanya kan dari Bekasi saya ke Gondangdia langsung sekarang harus transit dulu menghambat. Soalnya kalau dari Bekasi biasanya langsung sih, enggak usah transit ini itu lagi," bebernya.

Meski demikian, menurut dia, hal itu wajar. Alasannya, sambung dia, aturan ini masih baru dan perlu adaptasi.

"Kayaknya masih baru deh, jadinya kayak belum terlalu efektif mungkin nanti beberapa hari lagi bakal efektif. Tadi juga sempat bingung juga sih buat nyari jalan ke atasnya," kata Maria.

Sebelumnya,pihak Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter memastikan tetap melanjutkan perubahan rute KRL Bogor dan Bekasi disaat jam sibuk atau hari kerja pada Senin 30 Mei 2022. Baca juga: Rute Baru KRL, Ini Kata Penumpang di Stasiun Manggarai

"Di hari ini, berdasarkan hasil evaluasi KAI Commuter melakukan perbaikan pola operasi dan stabling KRL agar terus dapat memperbaiki pola operasi pasca SO5 sehingga di hari kerja yang dimulai Senin (30/5) esok dapat berjalan lebih baik," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada wartawan, Jakarta, Minggu 29 Mei 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1719 seconds (10.177#12.26)