Tol Menuju Jakarta One Way, Jalur Puncak Bogor Diprediksi Dipenuhi Kendaraan Pemudik

Jum'at, 06 Mei 2022 - 00:28 WIB
loading...
Tol Menuju Jakarta One Way, Jalur Puncak Bogor Diprediksi Dipenuhi Kendaraan Pemudik
Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). FOTO/MPI/ARIF JULIANTO
A A A
BOGOR - Lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor , Jawa Barat diprediksi akan sangat padat dalam akhir pekan ini, Jumat-Minggu (6-8/5/2022). Para pemudik diperkirakan menggunakan jalur Puncak untuk kembali ke Jakarta menyusul diterapkankannya sistem one way di tol Transjawa menuju Ibu Kota.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak, Kamis (5/5/2022), menurun dibandingkan, Rabu (4/5/2022). "Hari ini volume kendaraan apabila dibandingkan kemarin terjadi penurunan kendaraan. Kemarin berdasarkan catatan kami ada 48.000 yang masuk Jalur Puncak, dan hari ini 24.000 kendaraan yang masuk ke wilayah atas," katanya, Kamis (5/5/2022).

Kapolres memprediksi puncak kepadatan di kawasan Puncak terjadi pada 6-8 Mei 2022. Hal ini berkaitan dengan penerapkan sistem one way di Tol Jakarta-Cikampek menuju Jabodetabek.



Untuk itu, Polres Bogor juga menyiapkan sistem one way untuk mengurai kepadatan di Jalur Puncak pada pagi dan siang hari. Polisi juga menyiapkan jalur alternatif bagi masyarakat melalui Jonggol.

"Kami sudah siapkan jalur alternatif yang baik itu di sekitaran Puncak maupun dari Cianjur menuju Jakarta atau sebaliknya. Untuk Jakarta menuju Bandung, kami sudah mempersiapkan Jalur Jonggol, Cariu tembus sampai dengan Cianjur. Di sana kami sudah siapkan Pospam dan Posyan untuk mengamankan yang lewat Jalur Jonggol," katanya.

Kapolres mengimbau pengendara untuk memastikan kesehatan fisik dan kelayakan kendaraan. Termasuk mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di sepanjang Jalur Puncak. "Ini semata-mata untuk kenyamanan, keselamatan, dan kesehatan kita semuanya," katanya.

Baca juga: Mau ke Puncak? Ini Jadwal Sistem One Way Besok
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)