Terbang dari Amerika Serikat, Pemudik Asal Bojonegoro Ini Lebaran di Jalan

Minggu, 01 Mei 2022 - 17:20 WIB
loading...
Terbang dari Amerika Serikat, Pemudik Asal Bojonegoro Ini Lebaran di Jalan
Pemudik asal Bojonegoro ini rela terbang dari Amerika Serikat demi bisa mudik di kampung halamanya. Foto/MPI/Dinar Fitra Maghiszha
A A A
JAKARTA - Momen lebaran 2022 menghadirkan kisah dari para pekerja migran yang melaksanakan mudik ke kampung halaman. Pundi-pundi rupiah jadi modal perjalanan tak peduli puluhan ribu kilometer jarak memisahkan.

Setidaknya itulah yang curahan hati Rico, seorang pekerja kapal pesiar di Amerika Serikat (AS) ketika ditemui MNC Portal Indonesia kala menunggu keberangkatan bus menuju Bojonegoro, Jawa Timur, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (1/5/2022).

Rico yang berangkat dari Seattle, AS, mengaku sempat kesulitan mengamankan tiket kereta api dari Jakarta menuju Bojonegoro, kendati sudah mengincarnya sejak seminggu terakhir.

”Saya baru sampai Indonesia jam 3 pagi pakai Japan Airlines, sudah cari tiket sejak tanggal 22 April tapi susah, akhirnya dipesenkan istri saya naik bus ini,” kata Rico.



Berangkat di waktu yang mepet membuat pria berusia 40 tahun ini mengkhawatirkan ada kendala kemacetan di jalan yang pada akhirnya dapat membuatnya terlambat.

”Kalau normal itu jam 5 pagi sampai, semoga gak ada macet di tol, tapi ya gapapa kalau memang lebaran di jalan,”ucapnya sembari menuturkan bahwa lebaran ini merupakan fase kebangkitan ekonominya.

Dia mengungkapkan selama pandemi, bisnis kapal pesiar di AS sempat terpuruk akibat minimnya pengunjung. Di tengah vaksinasi yang meningkat, geliat aktivitas pariwisata diakuinya mulai hidup kembali.”Saat itu (pandemi) kita shutdown semua, di kapal pesiar gak ada tamu, jadi saya saat itu sempat ada di rumah,”terangnya.

Rico berangkat dari Jakarta pukul 3 sore menggunakan Bus Agra Mas, dan menargetkan bisa tiba di tujuan tepat waktu.

Dia mengharapkan pandemi cepat berlalu, agar dapat memberikan kesempatan luas bagi para pekerja domestik untuk mengais rezeki. ”Dulu saya pernah kerja di hotel di Indonesia, ya kebetulan dapat di luar negeri. Semoga ini bisa jadi lebih baik,” terangnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)