Selasa Malam, GT Cikampek Utama 1 hingga Pelabuhan Merak Mulai Ramai Pemudik

Rabu, 27 April 2022 - 01:10 WIB
loading...
Selasa Malam, GT Cikampek Utama 1 hingga Pelabuhan Merak Mulai Ramai Pemudik
Masyarakat sudah mulai bergerak untuk melakukan mudik Lebaran 2022 di Tol Cikampek. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat sudah mulai bergerak untuk melakukan mudik Lebaran 2022 . Hal tersebut tampak dari pergerakan kendaraan umum dan pribadi di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Pelabuhan Merak, Stasiun Gambir, dan Stasiun Senen.

Di GT Cikampek Utama 1 misalnya, hingga malam ini arus lalu lintas masih terpantau kondusif meski sudah ada peningkatan volume kendaraan. Terpantau pada Selasa 26 April 2022 malam sekitar pukul 21.00 WIB arus lalu lintas kendaraan lancar, yang mana kendaraan melintas di GT tersebut ke luar Jakarta tanpa hambatan.

Volume kendaraan meningkat sekitar 30 persen atau ada lebih dari 35 ribu kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama 1.

Lalu, di Pelabuhan Merak pun tampak pemudik sudah cukup ramai, sejak H-10 hingga H-6 malam Lebaran 2022 malam ini, setidaknya sudah ada 22.700 kendaraan dan total 192.810 orang menyeberang dari pelabuhan tersebut ke Pelabuhan Bakauheni.

Salah seorang pemudik, Rahman mengatakan, dirinya mudik dari Serang ke Medan melalui Pelabuhan Merak lantaran sudah dua tahun lebih tak pulang kampung ke orang tuanya di Medan. Adapun perjalanan pulang dari Serang ke Medan sendiri diperkirakan memakan waktu dua hari.



"Persiapannya mungkin kita cek kendaraan di perjalanan nanti, perbaiki mana yang kurang agar semoga selamat sampai tujuan. Pulang malam ini mungkin agak lancar, takutnya dua hari ke depan puncaknya arus mudik sehingga akan lebih padat kendaraan," ujarnya, Selasa 26 April 2022.

Sementara itu di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa 26 April 2022 setidaknya ada 11 ribu lebih penumpang atau 70 persen penumpang dari tempat duduk yang tersedia sebanyak 15.500 berangkat dari Stasiun Gambir menuju sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun kota tujuan pemudik dari Stasiun Gambir didominasi ke Purworejo, Purwokerto, Solo, Semarang, Surabaya, hingga Malang.

Guna mengakomodir pemudik di Stasiun Gambir, setidaknya ada 32 KA yang dioperasikan, yang mana 8 KA di antaranya merupakan kereta api tambahan.

Sedangkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, ribuan pemudik juga memadati stasiun tersebut. PT KAI Jakarta juga menyediakan 61 perjalanan KA perhari dengan kapasitas rata-rata 36 ribu kursi dan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Stasiun Pasar Senen, disiapkan 28 KA, dua di antaranya kereta tambahan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)