BPBD DKI Terjunkan TRC untuk Petakan Wilayah Rawan Bencana

Senin, 18 April 2022 - 07:55 WIB
loading...
BPBD DKI Terjunkan TRC untuk Petakan Wilayah Rawan Bencana
BPBD DKI Jakarta menerjunkan TRC untuk memetakan kembali potensi bencana yang ada di kelurahan. Foto: Ilustrasi/SINDPOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap kelurahan . Hal tersebut, guna memetakan kembali potensi bencana yang ada di wilayah masing-masing.

Isnawa mengatakan, diturunkannya TRC untuk memantau potensi bencana sejak dini di tiap kelurahan. Hal ini sesuai dengan tupoksi BPBD yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 260 Tahun 2016. Baca juga: Musim Pancaroba, BPBD DKI Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

“Kami menerjunkan pasukan TRC pada setiap kelurahan untuk mulai mendalami profil kelurahan dan menginventarisir setiap potensi bencana yang ada, seperti kebakaran, banjir, tanah longsor, dan sebagainya," terangnya seperti dikutip MNC Portal dalam lamanJakarta.go.id, Senin (18/4/2022).

Tidak hanya itu, Menurut Isnawa, TRC juga ditugaskan untuk mendata sarana, prasarana dan segala aspek pendukung yang dibutuhkan ketika terjadi bencana.



“TRC akan meninjau kembali lokasi-lokasi pengungsian yang sudah ditetapkan, untuk memastikan segala unsur pendukung siap dan layak ketika terjadi bencana, khususnya dalam aspek kesehatan, kedaruratan, dan logistik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Isnawa mengimbau, agar masyarakat yang terkena atau melihat bencana di tiap-tiap daerah, bisa cepat menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman.

“Sinergitas ini sangat penting, sembari TRC mensosialisasikan layanan aduan kedaruratan Jakarta Siaga 112 kepada masyarakat,” katanya. Baca juga: Jakarta Diperkirakan Masih Banjir, Ini Arahan BPBD DKI
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1154 seconds (10.101#12.26)