Tinjau Kesiapan Mudik di Terminal Kampung Rambutan, Menhub Kawal Jalur Darat

Minggu, 17 April 2022 - 19:38 WIB
loading...
Tinjau Kesiapan Mudik di Terminal Kampung Rambutan, Menhub Kawal Jalur Darat
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto: MNC Portal/Widya Michella Nur Syahida
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal mengawal pelaksanaan mudik Lebaran 2022 melalui jalur darat . Menurutnya, sekitar 85 juta penduduk atau 47 persen masyarakat akan mudik melalui jalur darat.

"Tentu jumlah yang sangat besar. Oleh karenanya konsisten kita untuk mengawal mudik baik jalur darat sebanyak 47 persen," kata Budi saat meninjau kesiapan sarana dan prasarana transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/04/2022).

Pada kesempatan itu, Budi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak mulai dari Perusahaan Otobus (PO), DAMRI, Kepala Dinas, dan sebagai dalam rangka meningkatkan kapasitas untuk melakukan angkutan massal jalur darat.

"Kita pastikan sopirnya dalan keadaan sehat. Oleh karenanya, kita melakukan beberapa kegiatan yang menjadi beberapa persyaratan," ujar Budi.



Dia juga mengimbau kepada beberapa sektor untuk dapat mengadakan kegiatan mudik gratis. Selain bertujuan untuk mengurangi jumlah volume kendaraan pribadi dan juga memudahkan masyarakat dalam bersilaturahmi dengan sanak keluarega di kampung halaman.

"Satu hal imbauan kami sudah dilakukan oleh beberapa sektor. Kami harapkan dari PO lain mengadakan mudik gratis pasti memberikan kemudahan untuk masyarakat," kata dia.

Dia berharap agar seluruh penumpang dapat mengikuti persyaratan mudik yakni wajib booster atau vaksinasi ketiga.

"Rekan-rekan di daerah, juga mempersiapkan kesehatan para sopir dan memastikan penumpang di dalam bus melakukan vaksin ketiga," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Menhub juga turut meninjau pelaksanaan mudik di beberapa daerah dengan video Conference yang diikuti 24 terminal dan sembilan PO, vaksinasi booster kepada 150 driver dan masyarakat. Serta rampcheck bersama sembilan orang terdiri dari BPTJ enam orang, dan Dishub DKI tiga orang.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)