Menhub Budi Karya Resmikan Skybridge Stasiun Bojonggede

Sabtu, 09 Desember 2023 - 12:59 WIB
loading...
Menhub Budi Karya Resmikan Skybridge Stasiun Bojonggede
Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan Skybridge Stasiun Bojonggede. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Skybridge Stasiun Bojonggede. Skybridge ini yang kedua setelah Solo, Jawa Tengah.

"Hari ini ada dua yang kita lakukan, satu peresmian skybridge ini adalah yg kedua di indonesia. Pertama di Stasiun Tirtodadi Solo, kedua di Bojonggede . Ini saya bisa membayangkan bahwa pergerakan dari stasiun ke sini, itu tadinya lika-liku pakai motor, susah gitu ya. Ini langsung sekali jalan," kata Budi Karya kepada wartawan, Sabtu (9/12/2023).

Menurut dia, Skybridge Stasiun Bojonggede ini bertujuan mengurangi angka kecelakaan. Termasuk berharap adanya perpindahan moda transportasi masyarakat dari angkutan pribadi ke angkutan massal.

"Skybridge ini untuk keselamatan masyarakat. Pemerintah terutama kepolisian merasa berdosa apabila angka kecelakaan itu tinggi. Kecelakaan didominasi kendaraan roda dua. Oleh karenanya angkutan perkotaan ini juga menginginkan adanya subtitusi atau peralihan roda dua ke angkutan massal. Jadi dari rumah katakan lah jarak 3 kilometer, parkir di sini, naik kereta lalu naik Transjakarta dan sebagainya," ujarnya.

Ke depan, pelayanan Skybridge Stasiun Bojonggede ini akan terus ditingkatkan untuk masyarakat. Budi juga meminta kepada Badan Pengelola Trasportasi Jabodetabek (BPTJ) memetakan lokasi yang juga perlu skybridge.

"Bisa ada pusat jajanan atau layanan masyarakat lainnya. Ketika pengguna KRL dari Jakarta bisa jajan, bahkan ngurus STNK juga bisa," ucapnya.



Sebelumnya, BPTJ telah melakukan uji coba Skybridge Stasiun Bojonggede pada Selasa 5 Desember 2023. Hal itu dilakukan usai rampungnya pembangunan sejak tahun 2022 lalu.

Di terminal telah disiapkan fasilitas penghubung, jalur khusus penyandang disabilitas, lift, hingga toilet. Diharapkan, skybridge ini dapat mengurangi kemacetan di sekitar stasiun dan kendaran parkir akan difokuskan di dalam Terminal Bojonggede.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)