Nuansa Teduh Masjid Al Hurriyah, Bagi Takjil Buat Commuter

Jum'at, 08 April 2022 - 16:56 WIB
loading...
Nuansa Teduh Masjid Al Hurriyah, Bagi Takjil Buat Commuter
Masjid Jami Al Hurriyah di Jalan Batu Merah IV, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto/MPI/Adhita Diansyavira
A A A
JAKARTA - Suasana teduh terasa di Masjid Jami' Al Hurriyah di Jalan Batu Merah IV, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasi strategis karena berada persis di depan Stasiun Pasar Minggu Baru itu membuat hati warga yang melihatnya menjadi nyaman.

Dari pantauan SINDOnews melalui peron kereta Stasiun Pasar Minggu Baru langsung terlihat bangunan masjid yang megah dengan nuansa abu-abu, hitam dan putih. Masjid Jami- Al Hurriyah yang dibangun MNC Group ini memiliki plafon yang tinggi. Tanpa pendingin ruangan udara ketika masuk masjid terasa sejuk.

Dalam masjid terkesan minimalis dan luas. Beberapa interior seperti jam digital dan lemari dindin berisi al-Quran mengisi dinding masjid.

Ketua DKM Masjid Jami' Al Hurriyah Awang Basri mengatakan, berbagai kegiatan keagamaan juga rutin dilakukan. ”Banyak kegiatan, dari yang sifatnya wajib seperti solat fardu berjamaah, majelis taklim ibu-ibu di hari Kamis dan untuk bapak-bapak di hari Jumat,” kata Awang, Jumat (8/2/2022).

Nuansa Teduh Masjid Al Hurriyah, Bagi Takjil Buat Commuter


Selain itu, selama Ramadhan para remaja masjid juga aktif mengadakan bagi-bagi takjil.”Kita rutin selama Ramadhan bagi takjil, dari warga bergiliran ada juga donatur. Kadang remaja ngebagiin ke penumpang kereta yang pas maghrib menunggu di peron,” jelasnya.

Awang menambahkan, masjid dapat menampung jamaah saat pandemi. ”Pas pandemi dengan keadaan jamaah jaga jarak itu kapasitas jamaah bisa sampai 500 jamaah. Di bagian dalam 200, di luar dan di atas 300 jamaah, kalau tidak pandemi bisa lebih dari itu,” ujarnya.

Melihat suasana di atas Masjid Jami' Al Hurriyah, ruang sholat untuk wanita terlihat lega. Di sana juga telah disiapkan mukena dan sajadah untuk dipakai. Dinding pada beberapa bagian di atas terdapat sentuhan kayu-kayu yang berjarak. Pemandangan dari atas dapat melihat langsung jalanan dan stasiun kereta.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)