Wagub DKI Akui Formula E Tidak Menguntungkan pada Tahun Perdana

Minggu, 27 Maret 2022 - 21:21 WIB
loading...
Wagub DKI Akui Formula E Tidak Menguntungkan pada Tahun Perdana
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui pendapatan balap Formula E tidak akan menguntungkan pada tahun perdana. Balapan mobil listrik itu akan berlangsung 4 Juni 2022 mendatang di Ancol, Jakarta Utara.

"Jadi Formula E ataupun MotoGP Mandalika dan event-event lainnya tidak mungkin di tahun pertama bisa langsung untung. Dia perlu waktu," ujar Riza di Kosambi, Jakarta Barat, Minggu (27/3/2022).
Baca juga: Wagub DKI Sebut Pembangunan Sirkuit Formula E Lancar

Menurut dia, antara Formula E dan MotoGP Mandalika memerlukan waktu guna menutupi biaya pengeluaran. Kendati demikian, dia yakin panitia Formula E telah memiliki perhitungan yang matang guna mendapatkan pendapatan sesuai target.

"Seperti event kemarin Mandalika dan lain-lain itu tidak bisa di tahun pertama menutup semua cost yang ada. Dia perlu waktu. Sama seperti orang bangun bisnis seperti bisnis ibu Dewi (Kadin), dia nggak bisa tahun pertama langsung modalnya ketutup. Dia ada hitungannya tapi kan berkelanjutan, positif ke depan kan ada cashflownya," jelasnya.

Terkait target penonton Formula E yang tadinya 50 ribu kini hanya 10 ribu orang, dia menilai kapasitas penonton ada penyesuaian dengan area sirkuit yang tersedia.

"Kalau soal kenapa bisa ditanyakan ke Jakpro. Itu kan harus disesuaikan. Selain masalah masih pandemi mungkin, kedua apakah tempatnya memungkinkan. Jadi harus disesuaikan dengan tempat yang ada," kata Riza.

Politikus Partai Gerindra itu optimistis pendapatan Formula E akan tertutup dengan sponsor dan juga tiket penonton. Namun, dia enggan membeberkan harga tiket Formula E Jakarta.

"Incomenya mungkin berkurang dari segi jumlah orang. Dari segi nilai kan belum tentu tergantung berapa harganya. Saya belum tahu nanti harganya berapa," ucapnya.
Baca juga: Konstruksi Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Ini Penjelasan Wagub DKI

Pengerjaan sirkuit Formula E telah dimulai sejak 3 Februari 2022 lalu. Sirkuit dibangun dengan panjang 2.400 meter dengan jumlah tikungan sebanyak 18 dan panjang trek lurus sekitar 527 meter.

Adapun sirkuit Formula E ditargetkan rampung pada awal April 2022 mendatang. Kini progres pembangunan sirkuit telah mencapai 87,9 persen.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3979 seconds (0.1#10.140)