Donor Darah, Semangat Kemanusiaan Menyambut 58 Tahun Pemasyarakatan

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:11 WIB
loading...
Donor Darah, Semangat Kemanusiaan Menyambut 58 Tahun Pemasyarakatan
Jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia menggelar donor darah serentak pada Kamis (24/3/2022). Kegiatan ini bagian dari rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, yang puncaknya akan jatuh pada 27 April 2022. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia menggelar donor darah serentak pada Kamis (24/3/2022). Kegiatan ini bagian dari rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, yang puncaknya akan jatuh pada 27 April 2022 mendatang.

“Saat ini, jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia baik Divisi Pemasyarakatan maupun Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan seperti Lapas, Rutan, Bapak, LPKA, hingga Rupbasan menggelar donor darah serentak dalam menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas) Heni Yuwono saat membuka kegiatan donor darah di Ditjenpas, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2022).
Baca juga: SABer PAS Diluncurkan, Dirjen Pemasyarakatan: Wujudkan Keterbukaan Informasi

Adapun donor darah yang diselenggarakan di Ditjenpas diikuti 100 pendonor. Pendonor berasal dari pegawai Ditjenpas, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ditjenpas, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas), dan perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, serta perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan wilayah Jakarta.

“Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 sesungguhnya momentum menyalurkan rasa kepedulian kita terhadap sesama. Dengan memberikan sedikit darah yang kita miliki bisa menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita di luar sana,” ungkap Heni.

Seiring meningkatnya kesadaran akan manfaat dan pentingnya donor darah diharapkan tidak ada lagi kekurangan kantong-kantong darah untuk kebutuhan kemanusiaan.

Menurut dia, bukan hanya untuk kegiatan kemanusiaan, kegiatan donor ini juga memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonor. Manfaat tersebut di antaranya meningkatkan produksi sel darah, memperlancar peredaran darah, terjaganya kesehatan jantung, hingga mencegah penyakit stroke. Di samping itu, donor darah disebut juga dapat meningkatkan kesehatan mental.
Baca juga: Kebakaran dan Overload Lapas, Perlu Ada Grand Desain Baru Pemasyarakatan

Dia menyampaikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang terlibat. “Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pegawai yang telah bersedia mendonorkan darahnya. Terima kasih juga saya ucapkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya donor darah ini. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kemanusiaan,” katanya.

Memperingati HBP Ke-58 ini, Ditjenpas beserta seluruh jajaran Pemasyarakatan se-Indonesia menggelar berbagai kegiatan dalam tajuk “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK Mewujudkan Indonesia Maju”. Donor darah ini salah satu yang diusung dengan semangat Pemasyarakatan Semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif Melayani.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3446 seconds (11.252#12.26)