Dibangun 5 Lantai, RSU Pondok Aren Segera Beroperasi

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:41 WIB
loading...
Dibangun 5 Lantai, RSU Pondok Aren Segera Beroperasi
RSU Pondok Aren, Tangerang Selatan, segera dioperasikan. Fasilitas kesehatan yang berada di Jalan Raya Pondok Betung Nomor 4 itu telah rampung dikerjakan. Foto: MPI/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Rumah Sakit Umum (RSU) Pondok Aren , Tangerang Selatan, segera dioperasikan. Fasilitas kesehatan yang berada di Jalan Raya Pondok Betung Nomor 4 itu telah rampung dikerjakan.

"Sudah selesai pengerjaannya dan sudah kita serah terimakan," ujar Kepala Bidang Bangunan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Tangsel Ihtiyan Hermansyah, Kamis (24/3/2022).

RSU Pondok Aren berdiri di atas lahan seluas 4 ribu meter persegi. Terdapat 5 lantai yang memiliki fungsi berbeda setiap lantainya. Sedangkan luas bangunan total mencapai 7.539 meter persegi. "Kita bangun 5 lantai sesuai dengan peruntukannya masing-masing," kata Ihtiyan.

Ia menjelaskan, Lantai 1 diperuntukkan sebagai fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD), Instalasi Gizi, Laundry, Instalasi Pemulasaraan Jenazah, dan Instalasi Pemeliharaan SaranaRumah Sakit.

Baca Juga: Bangun Wisata Medis, Menko Luhut Kaji Impor Dokter Asing ke Indonesia

Lalu Lantai 2, diisi beberapa sarana pelayanan medis seperti bagian pendaftaran, apotek, laboratorium, dan radiologi. Di Lantai 3 terdapat ruang NeonatalIntensive Care Unit (NICU), High Care Unit, Central Operation Theatre (COT), dan Central Sterile Supply Departemen (CSSD).

Sedangkan lantai 4 dan 5, dijadikan sebagai bangsal kebidanan dan ruang rawat inap. "Pembangunan RSU Pondok Aren telah diserahterimakan ke Dinas Kesehatan. Dalam waktu dekat rumah sakit itu segera dioperasionalkan," tandasnya.

Lahan RSU Pondok Aren sebelumnya merupakan lapangan liar yang kerap dijadikan tempat bermain. Pada masa kepemimpinan Wali Kota Airin Rachmi Diany, lahan milik pemerintah itu ditetapkan sebagai lokasi pembangunan RSU.

Warga Pondok Betung, Kamdi (46), menyambut antusias keberadaan RSU Pondok Aren. Menurut dia, selama ini jika ingin mendapat penanganan medis lanjutan dari rumah sakit pemerintah, harus mendatangi RSU Pamulang.

"Ke sana (RSU Pamulang) agak jauh kan, di sini puskesmas semua. Kalau pun ada, rumah sakit swasta banyak. Jadi kalau situasi darurat, ya kasihan harus ke Pamulang dulu," ujarnya.

Riswan Hamdan selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Pondok Betung juga menyebutkan, kehadiran RSU Pondok Aren sudah lama diimpikan warga. Apalagi keberadaannya juga menyerap 40 persen pekerja dari pemuda sekitar.

"Kita sangat bersyukur, karena sudah ada RSU di wilayah kita. Anak-anak muda kita juga diakomodir bisa bekerja di sana. Harapan kita tentu ingin segera opening ya," tukasnya.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1078 seconds (11.97#12.26)