Profil Dwi Priyatno, Mantan Kapolda Metro Libas Peredaran Narkoba di Diskotek Stadium

Selasa, 22 Maret 2022 - 14:47 WIB
loading...
Profil Dwi Priyatno, Mantan Kapolda Metro Libas Peredaran Narkoba di Diskotek Stadium
Komjen Pol Dwi Priyatno saat menjabat Irwasum Polri. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komjen Pol (Purn) Dwi Priyatno ketika menjabat Kapolda Metro Jaya berhasil melibas peredaran narkoba di Diskotek Stadium, Taman Sari, Jakarta Barat. Bahkan, Dwi yang saat itu berpangkat Irjen Pol mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta agar menutup diskotek tersohor itu.

Tak butuh lama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok langsung menyegel sekaligus menutup selamanya Stadium. Penutupan diskotek legendaris tersebut bukan ujug-ujug karena berulang kali ditemukan kasus peredaran narkoba.
Baca juga: Profil Rumiah Kartoredjo, Polwan Pertama Jabat Kapolda yang Meredam Kegaduhan Eksekusi Imam Samudra

Pada Mei 2014, polisi melakukan penggerebekan Diskotek Stadium kemudian mengamankan ribuan pil ekstasi, puluhan gram sabu, serta pistol di loker diskotek. Manajemen pun diperiksa. "Kami periksa mulai dari manajer sampai direkturnya karena informasi yang didapat ada oknum karyawan yang juga memperjualbelikan narkoba," ujar Dwi di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/5/2014).

Apalagi sebelumnya ada anggota polisi bernama Jicky Vay Gumerung tewas overdosis di Diskotek Stadium. Polisi berpangkat Brigadir Dua itu merupakan anggota Polda Sulawesi Utara yang datang ke tempat hiburan malam itu bersama rekan-rekannya yang juga polisi.

Selain merazia tempat hiburan malam yang teridentifikasi sarang narkoba, Polda Metro Jaya di bawah komando Dwi Priyatno berhasil mengungkap sindikat peredaran narkoba kelas kakap. "Selama kurun waktu 3 bulan (Juni-Agustus 2014), Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap 8 kasus narkoba dengan 14 tersangka. Saat penggeledahan ditemukan home industry pembuatan narkoba jenis sabu di Jagakarsa, Jakarta Selatan," kata Dwi.

"Total barang bukti yang disita sabu seberat 11,959 gram, ekstasi 20.717 butir, heroin 799,08 gram, dan alat-alat laboratorium. Hasil penyitaan barang bukti dikonversi dalam rupiah senilai Rp31 miliar dan dapat menyelamatkan 87.102 jiwa," tambahnya saat itu.

Dwi menjabat Kapolda Metro Jaya cukup singkat yakni 18 Maret-5 September 2014. Sebenarnya ada pejabat yang lebih singkat lagi yakni Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo yang menjabat Kapolda Metro Jaya hanya 3,5 bulan (8 Juni 2010-7 Oktober 2010).

Dwi selama lima bulan menjadi orang nomor satu Polri di DKI Jakarta. Berdasarkan Surat Telegram Rahasia Nomor ST/1717/IX/2014 tertanggal 1 September 2014, Dwi dimutasi menjadi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. Dia menggantikan Komjen Pol Anton Bachrul Alam yang memasuki masa pensiun. Dwi lalu digantikan Irjen Pol Unggung Cahyono yang sebelumnya memimpin Polda Jawa Timur.
Baca juga: Profil Brigjen Suyudi Ario Seto, Ungkap Pelaku Penyiraman Air Keras Novel Baswedan

Setelah lulus dari Akpol 1982, Dwi mengawali karier di kepolisian sebagai Kapolsektif Jatibarang, Indramayu. Dia juga pernah menjadi Sesdit Lantas Polda Kalteng. Dwi kemudian diberi mandat menjadi Atase Kepolisian (SLO) KBRI Malaysia.

Sekembalinya ke Tanah Air, Dwi dipercaya menjadi Dirlantas Polda Kalbar dan dan dipromosikan pada jabatan-jabatan penting di Mabes Polri. Dwi Priyatno menjabat Kapolda Metro Jaya mulai 18 Maret 2014. Sebelum menjabat Kapolda Metro Jaya, Dwi merupakan Kapolda Jawa Tengah.

Berikut perjalanan karier Komjen Pol (Purn) Dwi Priyatno:

- Dansek 853-11 Losarang Kores 853 Indramayu Dak Jabar
- Kapolsektif Jatibarang Polres Indramayu Polda Jabar
- Kasubbag Dok Lap Opsjarlat Akpol
- Kaur Binkorp Tar Menter Akpol
- Instruktur Pusdiklantas Ditdik Polri
- Kabag Lantas Polwil Bojonegoro Polda Jatim
- Wakapolres Ponorogo Polwil Madiun Polda Jatim
- Wakapolres Sidoarjo Polda Jatim
- Pamen Polda Jatim
- Sesdit Lantas Polda Kalteng
- Kapolresta Palangkaraya Polda Kalteng
- Wakapolwiltabes Surabaya Polda Jatim
- Pamen Mabes Polri (Diarahkan sebagai LO di Malaysia)
- Analis Utama Dit Jianbang Sespim Polri
- LO Kawasan SET NCB Interpol (Malaysia)
- Dirlantas Polda Kalbar
- Kabag Binlatops Robinops Deops Polri
- Dirsamapta Babinkam Polri
- Dirsabhara Baharkam Polri
- Karomisinter Divhubinter Polri
- Kadiklatsusjatrans Lemdikpol
- Sahlisospol Kapolri
- Kapolda Jateng
- Kapolda Metro Jaya
- Irwasum Polri
- Pati Yanma Polri (Dalam rangka pensiun)
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1655 seconds (10.101#12.26)